Implementasi Chatbot untuk Customer Service menggunakan Metode Natural Language Processing (NLP) (Studi Kasus Website Theme62.com)

Arga Fairuz Zahwa, Rina Fiati, Alif Catur Murti

Abstract


Theme62 merupakan website penyedia template blogger terbaik dengan fitur yang terinspirasi dari Wordpress. Semakin meningkatnya peminat dan kunjungan pada website Theme62, semakin meningkat pula kebutuhan customer service. Hal ini tidak seimbang dengan sumber daya manusia yang mengelola website Theme62 sehingga pada beberapa pelanggan tidak terlayani dengan maksimal. Tujuan dari penelitian ini untuk mengatasi problematika dalam customer service yang semakin meningkat dengan cara semula yang dijalankan oleh manusia digantikan oleh bot yang dapat melayani pelanggan dengan cepat dan tanpa henti. Sistem chatbot dibuat menggunakan metode Natural Language Processing (NLP) dengan bantuan library node-nlp oleh Node.js yang mampu mengolah bahasa manusia menjadi bahasa yang dapat dipahami oleh komputer, dengan begitu komputer dapat memahami maksud dari pertanyaan manusia dan dapat berinteraksi layaknya manusia. Hasil akhir yang diperoleh adalah terbentuknya sistem chatbot yang mampu menangani pertanyaan pelanggan dengan cepat, selain itu meringankan pekerjaan admin Theme62 sehingga dapat lebih fokus dalam mengembangkan produk Theme62.

Keywords


Chatbot; NLP; Node-nlp; Node.js; Customer Service

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Theme62 (2021). About Us. Theme62.com. Diakses pada 10 Februari 2022. https://theme62.com/p/about/

Marlius, D. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Minat Nasabah Dalam Menabung Pada Bank Nagari Cabang Muaralabuh. Jurnal Riset Manajemen dan Akuntansi (JURMAK). 3(1), 12-22.

Gunawan, B., & Sidik, M. (2021). Pembuatan Aplikasi Chatbot Kolektor Dengan Metode Extreme Programming Dan Strategi Forward Chaining. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK). Jurnal Internasional. 8(2), 293–302.

Ananda Dwi, Imamah, F., Andre, Y. M., & Ardiansyah. (2018). Aplikasi Chatbot (Milki Bot) Yang Terintegrasi Dengan Web CMS Untuk Customer Service Pada UKM MINSU. Jurnal Cendikia, 16, 100–106.

Shah, H., & Soomro, T. R. (2017). Node.Js Challenges in Implementation. Global Journal of Computer Science and Technology. 17(2), 73-83.

Setiawan, R. (2021). White Box Testing untuk Menguji Perangkat Lunak. Dicoding.com. Diakses pada 11 Februari 2022. https://www.dicoding.com/blog/white-box-testing/




DOI: http://dx.doi.org/10.51213/jimp.v7i2.542

Copyright (c) 2023 Arga Fairuz Zahwa, Rina Fiati, Alif Catur Murti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.