Klasifikasi kualitas Ikan Nilem Berdasarkan Ukuran Menggunakan Algoritma Naive Bayes

Rima Rahmawati Syawal, Lingga Pratama, Tri Wahyuni, Daffa Ghany Passa

Abstract


Indonesia memiliki keanekaragaman jenis ikan yang paling tinggi, sekitar 45% dari jumlah jenis global di dunia. Ikan memiliki keberagaman ukuran, bentuk, habitat serta distribusi jenis. Pemisahan ikan nilem dengan cara manual kerap mendapati kesalahan-kesalahan pada pemisahan. Penelitian kami bertujuan untuk melakukan prediksi klasifikasi kualitas ikan nilem berdasarkan ukuran. Metode yang dapat digunakan dalam mengklasifikasikan data yaitu Naive Bayes yang ditemukan oleh seorang ilmuwan dari Inggris Thomas Bayes. Hasil dari prediksi data testing menunjukan kualitas yaitu nilai 0 untuk belum dewasa dan nilai 1 untuk dewasa. Pada penelitian ini memberikan nilai prediksi yang dapat dikatakan sangat akurat. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini berhasil memprediksi kualitas ikan nilem berdasarkan ukuran.

Keywords


Data Mining; Naive Bayes; Kualitas Ikan; Klasifikasi; dan Ikan Nilem; Data Mining; Naive Bayes; Fish Quality; Classification; and Nilem Fish

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


S. H. J. Putra and E. Da Costa, “Studi Morfometrik Ikan Hasil Tangkapan Nelayan,” J. Pembelajaran Biol. Kaji. Biol. dan Penbelajarannya, vol. 8, no. 1, pp. 21–27, 2021.

B. A. B. Pendahuluan and L. Belakang, “METODE NAÏVE BAYES memperoleh gelar Sarjana Teknik Nama : Faizal Andy Susilo 2018,” 2018.

L. Pariyanto, Nasral, “Keanekaragaman dan Karakteristik Morfometrik Ikan Air Tawar yang Terdapat Di Sungai Air Manna Kecamatan Pino Kabupaten Bengkulu Selatan Provinsi Bengkulu,” J. BIOEDUSCIENTIFIC PPs UNMUH BENGKULU, vol. 2, p. 21, 2021.

O. : Bustami, “PENERAPAN ALGORITMA NAIVE BAYES UNTUK MENGKLASIFIKASI DATA NASABAH ASURANSI.”

A. Damuri, U. Riyanto, H. Rusdianto, and M. Aminudin, “Implementasi Data Mining dengan Algoritma Naïve Bayes Untuk Klasifikasi Kelayakan Penerima Bantuan Sembako,” J. Ris. Komputer), vol. 8, no. 6, pp. 2407–389, 2021, doi: 10.30865/jurikom.v8i6.3655.

A. Saleh, “Implementasi Metode Klasifikasi Naïve Bayes Dalam Memprediksi Besarnya Penggunaan Listrik Rumah Tangga,” Creat. Inf. Technol. J., vol. 2, no. 3, pp. 207–217, 2015.




DOI: http://dx.doi.org/10.51213/jimp.v7i2.514

Copyright (c) 2023 Rima Rahmawati Syawal, Lingga Pratama, Tri Wahyuni, Daffa Ghany Passa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.