PREDIKSI KURS RUPIAH TERHADAP DOLLAR AMERIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE REGRESI LINEAR

Nova Kusumawati, Fitri Marisa, Indra Dharma Wijaya

Abstract


Nilai tukar mata uang suatu negara merupakan salah satu indikator penting dalam suatu perekonomian. Persoalan yang sangat penting diperhatikan dalam masalah valuta asing ini adalah nilai Kurs mata uang suatu bangsa. Sebagaimana dimaklumi bahwa tiada suatu bangsa pun di dunia ini yang dapat mengcukupi semua konsumsinya dari hasil produksinya sendiri, meskipun ada pula beberapa komoditi yang hasilnya melebihi kebutuhan dalam negeri sehingga dapatdiekspor. Oleh karena itu suatu bangsa pasti memerlukan mata uang asing dalam transaksi internasionalnya. Kebutuhan akan uang asing yang kemudian disebut valas ini akan menimbulkan persoalan yang cukup besar yaitu menentukan seberapa besar nilai tukar dari mata uang satu negara terhadap mata uang negara lain. Penggunaan metode Regresi Linear dalam masalah prediksi telah terbukti bahwa hasil prediksinya sangat akurat yang diindikasikan dengan nilai tukar rupiah terhadap dolar. Berdasarkan data tiap tahun dimana terjadi peningkatan nilai tukar rupiah terhadapat rupiah sehingga akan menyebabkan perubahan nilai jumlah utang luar negeri yang akan bertambah. Program dapat digunakan untuk membantu dalam menentukan keputusan hasil prediksi penentuan kurs rupiah terhadap dollar.dimana sistem dapat memprediksikan apakah kurs akan beranjak naik atau kurs akan beranjak positif sehingga dapat di ambil langkah – langkah yang terbaik.

Kata kunci — Regresi Linear, Kurs, Valas

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


] Sukma, R. Prediksi Nilai Tukar Rupiah Berbasis Algoritma Regresi Linear Dengan Metode Perbaikan Moving Average Dan Seasonal Movement. Semarang: Universitas Dian Nuswantor. 2017.

] Sri Mulyono, “Regresi Linearâ€, 24 Januari 2013, [Online]. Tersedia: http://tedybros.blogspot.co.id/ [Diakses: 23 September 2017].

] Triyono (2008). “Analisis Perubahan Kurs Rupiah Terhadap Dollar Amerika. Ekonomi Pembangunan Vol. 9, No. 2 Desember, Hal. 156-167

] Sadono, Sukirno. 2010. Makroekonomi. Teori Pengantar. Edisi Ketiga. Raja Grasindo Perseda. Jakarta

] Zainul Muchlas, & Agus Rahman Alamsyah. (2015, februari). Faktor faktor yang mempengaruhi kurs rupiah terhdap dollar amerika pasca krisis (2000-2010). JIBEKA, 76-86. juli 17, 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.37438/jimp.v2i3.79

____________________________________________________________
JIMP (Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan)
ISSN 2502-5716(Print) | 2503-1945 (Online)
Published by Fakultas Teknologi Informasi Universitas Merdeka Pasuruan 
Managed by Program Studi Informatika, Universitas Universitas Merdeka Pasuruan
Address Jl. Ir. Juanda no.68 Pasuruan
Website http://ejurnal.unmerpas.ac.id/index.php/informatika
email jimp.unmerpasuruan@gmail.com

 

JIMP is supervised by Relawan Jurnal Indonesia and PKP|Index.