Perancangan Game “Heroes Surabaya” Sebagai Edukasi Pengetahuan Sejarah Menggunakan Algoritma BFS Berbasis Android
Abstract
Tokoh sejarah pasti dimiliki oleh setiap daerah tidak terkecuali di Indonesia. Berkurangnya minat masyarakat untuk mengetahui tokoh sejarah disebabkan kurangnya media yang menghibur dan mengedukasi. Berdasarkan permasalahan yang telah diuraikan, penulis telah membuat game dengan genre TPS(Third Person Shooter) berbasis Android. Dalam merancang game ini penulis menggunakan metode perancangan Multimedia Development Life Cycle (MDLC) dan algoritma yang digunakan yaitu Breadth-First Search (BFS). Tujuan penelitian ini adalah membuat game edukasi menggunakan tampilan 3D dan mengenalkan tokoh sejarah pada user. Pembuatan game ini menggunakan software Unity Game Engine, Photoshop CC, Android Studio, Android SDK, dan Blender. Game ini dapat berjalan maksimal dengan spesifikasi minimal OS Android Kitkat 4.4 dan RAM 1GB.
Kata Kunci : game, edukasi, sejarah, BFS, android
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Dede Iswanto, Yulianti, Anggi Srimurdianti
Sukamto “Rancang Bangun Game Edukasi
Hero of Borneo Berbasis Android”, Teknik
Informatika, Universitas Tanjungpura, 2015.
Buce Trias Hanggara, Sutrisno, Denny Sagita
Rusdianto “Rancangan Bangun Permainan
Wiro Ranger Pada Smartphone Android”,
Teknik Informatika, Universitas Brawijaya.
Syifaul Fauda “Perancangan Game
Petualangan Pramuka Berbasis Android”,
Teknik Elektro, Sekolah Teknik Elektro dan
Informatika (STEI) Institut Teknologi
Bandung, Bandung, 2015.
Fendi Aji Purnomo, Eko Harry Pratisto,
Taufiqurrakhman NH, Firma Sahrul, Inda Puji
Lestari “Pembuatan Game Edukasi
„Petualangan Si Gembul‟ Sebagai
Pembelajaran Pengenalan Daerah Solo
Raya Pada Anak”, Universitas Sebelas
Maret, 2016.
Yuda Alfarizi, Kemas Lukman Hakim,
Rusbandi, Ahmad Farisi “Edugame Fight For
Freedom Untuk Pembelajaran Sejarah
Kemerdekaan Indonesia Berbasis Android”,
Teknik Informatika, STMIK GI MDP,
Palembang.
Wahyu Pratama “Game Adventure Misteri
Kotak Pandora”, Teknik Informatika, STMIK
AMIKOM, Purwokerto.
Sesdika Sansani “Penerapan Algoritma BFS
Dalam Pemecahan Permainan
Minesweeper”, Teknik Informatika, Institut
Teknologi Bandung.
Dwi Fidiyanto, Tri Listyorini, Mukhamad
Nurkamid “Game Sejarah Perjuangan
Kapitan Patimura Berbasis Android”, Teknik
Informatika, Universitas Muria Kudus, Kudus.
Muhammad Adiwijaya, Kodrat Iman S, Yuli
Christyono “Perancangan Game Edukasi
Platform Belajar Matematika Berbasis
Android Menggunakan Construct2”, Teknik
Elektro, Universitas Diponegoro Semarang.
Cheri Aprilina, Perancangan Game
Edukasi “Cooking for Child”, Data
Manajemen dan Teknologi Informasi, 2014.
I nyoman jayanegara, “Perancangan
Game Jalak Bai Berbasis Android”, urnal
Nasional Pendidikan Teknik Informatika
(JANAPATI), 2015.“Perancangan Game
Mobile Android Bergenre Horror”, Cogito
Smart Journal, 2016.
Chowanda, “Perancangan Game Kartu
Interaktif Berbasis Android Menggunakan
Augmented Reality”, ComTech Desember,
Ichsan, “Perancangan Board Game
mengenai Bahaya Pornografi”, e-Proceeding
of Art & Design, 2016.
Rahadi, “Perancangan Game Math
Adventure Sebagai Media Pembelajaran
Matematika Berbasis Android”, Jurnal
Teknologi dan Sistem Komputer, 2016.
DOI: http://dx.doi.org/10.51213/jimp.v4i1.192
Copyright (c) 2019 J I M P - Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan