SISTEM PAKAR DETEKSI KARAKTERISTIK DAN KEPRIBADIAN DIRI MENGGUNAKAN METODE FORWARD CHAINING

Dewi Parde Indah, Anton Anton, Ummu Radiyah

Abstract


Sistem pelaksanaan psikotes saat ini masih banyak yang menggunakan cara manual dimana peserta harus membaca dan menjawab psikotes di kertas atau media lain, kemudian peserta harus menghitung dan melakukan analisa sendiri atas hasil psikotes yang telah dilakukan dengan mengacu kepada pedoman yang tercantum di buku atau media lain yang digunakan sebagai referensi. Apakah peserta tergolong individu dengan karakter A, B, C, atau D tergantung dari psikotes apa yang diikuti oleh peserta. Psikotes secara detil dapat dilakukan dengan berkonsultasi ke psikolog atau lembaga penyedia layanan psikologi, hal ini membutuhkan waktu dan biaya yang tidak sedikit. Perancangan sistem pakar dengan memanfaatkan media pemrograman berbasis web, diharapkan dapat memberikan solusi dimana hasil psikotes dapat ditampilkan segera setelah peserta menyelesaikan jawaban atas pertanyaan yang tersedia karena sistem secara otomatis akan melakukan operasi perhitungan dan melakukan analisa sesuai dengan jawaban yang diinput oleh peserta. Psikotes adalah tes yang digunakan untuk memberikan gambaran atas individu dari aspek psikis. Dengan menggunakan metode forward chaining, dan metode penelitian waterfall memungkinkan sistem ini dapat diimplementasikan dalam bentuk sebuah website menggunakan bahasa pemrograman PHP. Adapun perangkat lunak yang digunakan untuk mengimplementasikan sistem ini diantaranya adalah Adobe Dreamweaver, PHPMyadmin, dan hosting untuk implementasi website secara online.

Kata kunci - Psikotes, Waterfall, Forward Chaining, Website

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Wardiana, W., & Tobing, V. V. (2012). Aplikasi Sistem Pakar Tes Kepribadian Berbasis Web. JurnalInkom, 99–103. http://jurnal.informatika.lipi.go.id/index.php/inkom/article/viewArticle/116, diakses tgl 5 Mei 2017.

Andreyana, P. V., Piarsa, I. N., & Buana, P. W. (2015). Sistem Pakar Analisis Kepribadian Diri dengan Metode Certainty Factor. Merpati, 3(2), 78–86. https://ojs.unud.ac.id/index.php/merpati/article/view/17801, diakses tgl 20 April 2017.

Dariyo, A. (2008). Psikologi Perkembangan Dewasa Muda. Ed. 1, Grasindo, Jakarta.

Hayadi, B. H. (2016). Sistem Pakar. Ed.1. Deepublish, Yogyakarta.

Cahyaning, N., & Wahyudin. (2016). Sistem Pakar Berbasis Web Untuk Menentukan Metode Belajar Anak Berdasarkan Karakteristik Dominan, II (2), 150–154. https://ejournalab.com/index.php/jti/article/viewFile/89/pdf , diakses tgl 20 April 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.51213/jimp.v3i1.87

Copyright (c) 2018 J I M P - Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan E-ISSN 2503-1945