Penggunaan Algoritma Apriori untuk Menemukan Pola Belanja Konsumen sebagai Promo Produk

Aan Supandhi, Hendra Marcos

Abstract


Data yang bisa digunakan untuk mengambil suatu informasi biasa juga disebut Data Mining dari keseluruhan data berskala besar. Data ini nantinya akan berguna dalam berbagai aspek kebutuhan salah satunya untuk strategi pemasaran dalam penggunaan promo produk. Dengan banyaknya transaksi yang berlangsung maka akan menimbulkan sifar data yang tabular dan tidak teratur. Pola belanja konsumen dijadikan acuan untuk strategi promo barang.
Pola belanja konsumen bisa ditemukan dengan sebuah algoritma apriori untuk menghasilkan sebuah association rule. Algoritma ini akan menggunakan hubungan antara dua itemset.
Kasus yang dihasilkan dalam penelitian ini menunjukan bahwa algoritma apriori memberikan sebuah gambaran itemset yang akan menentukan pola belanja konsumen untuk penerapan promo barang. Hasil pegujiannya menghasilkan
confident paling tinggi adalahtransaksi akrilik, art lamp = 60 % dan jam square, decorative = 60%.

 


Keywords


Algoritma Apriori; Aturan Asosiasi; Data Mining; Promo.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


C.Pradeepkumar and S.Loganathan, “Penerapan Metode Asosiasi Menggunakan Algoritma Apriori Pada Aplikasi Pola Belanja Konsumen ( Studi Kasus Toko Buku Gramedia Bintaro ),” Int. J. Sci. Eng. Res. (IJ0SER), vol. 3, no. 4, p. 2, 2015, [Online]. Available:

A. A. Christyan Putra, H. Haryanto, and E. Dolphina, “Implementasi Metode Association Rule Mining Dengan Algoritma Apriori Untuk Rekomendasi Promo Barang,” CSRID (Computer Sci. Res. Its Dev. Journal), vol. 10, no. 2, p. 93, 2021, doi: 10.22303/csrid.10.2.2018.90-100.

W. Saputro, “Metode deskripsi untuk mengetahui pola belanja konsumen pada data penjualan,” J. INTEK, vol. 3, no. 1, pp. 25–33, 2020.

E. Halim and R. Purba, “Consumer Opinion Extraction Using Text Mining for Product Recommendations On E-Commerce,” Indones. J. Artif. Intell. Data Min., vol. 4, no. 1, pp. 19–28, 2021.

Pasa, Ike Y. and Saputro, Wahju T., “Pendekatan Algoritma Aprioti pada Data Mining untuk Menentukan Pola Belanja Konsumen,” Intek, vol. 1 No 1, no. 2009, pp. 1–9, 2018.

S. Al Syahdan and A. Sindar, “Data Mining Penjualan Produk Dengan Metode Apriori Pada Indomaret Galang Kota,” J. Nas. Komputasi dan Teknol. Inf., vol. 1, no. 2, 2018, doi: 10.32672/jnkti.v1i2.771.

G. S. Nurohim, “Analisa Pola Belanja Alat Kesehatan di Shopee JoyoAlkes Menggunakan Algoritma FP-Growth,” Indones. J. Comput. Sci., vol. 1, no. 1, pp. 34–39, 2022.

C. Budihartanti et al., “Penerapan Data Mining Berdasarkan Asosiasi Dengan Menggunakan Algoritma Apriori Dalam Penentuan Pola Belanja Kitchen Appliances : Studi Kasus Pada Pt . Xyz Dengan Menggunakan Algoritma Apriori Dalam Penentuan Pola Belanja Kitchen Appliances : Studi Kasus ,” 2012.

M. I. Ghozali, R. Z. Ehwan, and W. H. Sugiharto, “Analisa Pola Belanja Menggunakan Algoritma Fp Growth, Self Organizing Map (Som) Dan K Medoids,” Simetris J. Tek. Mesin, Elektro dan Ilmu Komput., vol. 8, no. 1, pp. 317–326, 2017, doi: 10.24176/simet.v8i1.995.

A. Apriori, M. Base, and P. Pembelian, “Analisis Data Mining Menggunakan Transaksi Barat Memakai Metode Apriori,” vol. 5, no. 2, pp. 57–63, 2022.




DOI: http://dx.doi.org/10.51213/jimp.v8i1.843

Copyright (c) 2023 Aan Supandhi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.