Segmentasi Citra Telapak Tangan menggunakan Deteksi Tepi Prewitt, Sobel, Roberts, dan Canny

Marsita Harim, Hasna Anggin Tri Muslimin, RIZAL ADI SAPUTRA

Abstract


Tidak dapat dipungkiri kemajuan teknologi komputer pada beberapa tahun terakhir ini memanglah berkembang begitu cepat. Seiring dengan kemajuan tersebut identifikasi batas tepi pada objek pun berkembang pesat. Deteksi tepi mempunyai beberapa operator. Penelitian ini dilakukan untuk membandingkan operator tersebut diantaranya Sobel, Prewitt, Roberts, dan Canny pada citra yang telah kami ambil dan melihat operator yang terbaik diantara keempatnya untuk mendeteksi tepi citra yang dipakai untuk penelitian ini. Adapun citra yang digunakan adalah telapak tangan. Dalam penilitian ini kami menggunakan juga yang namanya Segmentasi Citra. Adapun sampel yang kami gunakan pada penelitian ini adalah 30 gambar. Masing-masing 1 kelas gambar diambil sebanyak 5 kali Adapun hasil pengujian yang kami dapatkan adalah operator canny lebih baik dalam mendeteksi tepi pada citra telapak tangan dibandingkan dengan ketiga operator lainnya.

Keywords


Kecerdasan Buatan, Pemrosesan Citra, Segmentasi, Deteksi Tangan, Telapak Tangan

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


A. Syarifah, A. Akbar Riadi, and A. Susanto, “Klasifikasi Tingkat Kematangan Jambu Bol Berbasis Pengolahan Citra Digital Menggunakan Metode K-Nearest Neighbor,” 2022.

A. Zalukhu, “Implementasi Metode Canny Dan Sobel Untuk Mendeteksi Tepi Citra,” 2016.

G. C. Setyawan and Y. M. S. Mendrofa, “Segmentasi Citra Gesture Tangan Berbasis Ruang Warna Hsv,” 2021.

J. Widagdho Yodha and A. Wahid Kurniawan, “Perbandingan Penggunaan Deteksi Tepi Dengan Metode Laplace, Sobel Dan Prewit Dan Canny Pada Pengenalan Pola,” 2014.

K. Anwariyah, F. Sains, and D. Teknologi, “Deteksi Objek Nomor Kendaraan Pada Citra Kendaraan Bermotor ( Detection of Vehicle License Objects in Motorized Vehicle Images ),” vol. 1, no. 4, pp. 311–317, 2020.

M. Yunus, “Perbandingan Metode-Metode Edge Detection Untuk Proses Segmentasi Citra Digital.”

R. Munir, “3-Pendeteksian Tepi IF4073 Interpretasi dan Pengolahan Citra,” 2021.

R. Munir, “Pendeteksian Tepi IF4073 Interpretasi dan Pengolahan Citra,” 2019.

S. Pada Plat Kendaraan Dinas dengan Metode Deteksi Tepi Canny, R. Rizal Adi Saputra, and F. Mimi Wahyuni, “Segmentasi Pada Plat Kendaraan Dinas Menggunakan deteksi Tepi (Reskal) |328,” 2022.

W. Supriyatin, “Perbandingan Metode Sobel, Prewitt, Robert dan Canny pada Deteksi Tepi Objek Bergerak,” ILKOM Jurnal Ilmiah, vol. 12, no. 2, pp. 112–120, Aug. 2020, doi: 10.33096/ilkom.v12i2.541.112-120.




DOI: http://dx.doi.org/10.51213/jimp.v8i1.836

Copyright (c) 2023 Marsita Harim, Hasna Anggin Tri Muslimin, RIZAL ADI SAPUTRA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.