RANCANG BANGUN PROTOTIPE SISTEM PARKIR PADA UNIVERSITAS WIDYAGAMA MALANG

Andi Wahyu Diantoro, Fitri Marisa

Abstract


Teknologi informasi saat ini merupakan suatu hal yang tidak dapat dipisahkan dari segala aspek kehidupan. Hal ini dikarenakan teknologi informasi merupakan sarana yang bisa membantu manusia dalam memudahkan pekerjaan. Universitas Widyagama Malang merupakan salah satu Universitas di Indonesia yang cukup concern dalam hal teknologi informasi. Hal ini terlihat dari fokus dan prestasi-prestasinya dalam bidang akademik yang tentunya berkaitan dengan teknologi informasi. Untuk itu, Universitas Widyagama Malang ingin melakukan perubahan secara bertahap pada sistem-sistem yang telah ada. Salah satunya adalah sistem parkir, Sistem ini berhubungan erat dengan keamanan kendaraan dan kenyamanan pengguna jasa parkir Universitas Widyagama Malang. Sehingga banyak kendala yang dirasakan oleh pihak kampus, untuk itu pihak kampus ingin membangun sarana parkir yang memadai dan tentunya dengan tingkat keamanan yang lebih tinggi. Dalam menghadapi persoalan tersebut maka akan dirancang suatu sistem parkir yang baik dengan menggabungkan beberapa teknologi sangat diperlukan untuk mengoptimalkan keamanan pada Universitas Widyagama Malang sehingga dapat memperkecil permasalahan yang terjadi. Alat bantu perancangan yang digunakan adalah FOD (Flow Of Document), DFD (Data Flow Diagram) dan ERD (Entity Relationship Diagram). Dalam pembuatan aplikasi menggunakan Visual Basic 6.0. Sistem yang akan disusulkan adalah sistem informasi parkir menggunakan teknologi informasi yang dapat melakukan proses pengolahan data masuk keluar pengguna parkir dan petugas parkir, serta informasi-informasi yang dibutuhkan.

Kata kunci— Sistem, Parkir,Teknologi Informasi, Universitas Widyagama Malang

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


A.S, Rosa dan M. Shalahuddin. (2011). Modul Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak(tertekstur dan berorientasi objek). Bandung: Modula.

Kendall, K dan Julie E Kendall. (2003). Analisa dan Perancangan Sistem. Edisi bahasa Indonesia. Peason Education Asia pte. Ltd. dan Jakarta: PT. Prenhallind.

S.Si, Faisal. (2011). Aplikasi Berbasis Web dengan Php dan My Sql. Yogyakarta: Ram Media.

Bahra, Al. (2005). Rekayasa Perangkat Lunak. Yogyakarta: Graha Ilmu. Jogiyanto, H.M. (2006). Sistem Informasi Manajemen. Jakarta:Grsindo

http:// wsilfi.staff.gunadarma.ac.id. Diakses tanggal 25 Mei 2011

http://www.wapedia.mobi. Diakses tanggal 25 Mei 2011

Abdul Kadir, 2002, Pengenalan Sistem Informasi, Andi Offset, Yogyakarta.

Raymond McLeod Jr., Sistem Informasi Manajemen, Edisi Ketujuh. Penerbit PT. Prenhallindo, Jakarta, 2001




DOI: http://dx.doi.org/10.51213/jimp.v3i1.82

Copyright (c) 2018 J I M P - Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan E-ISSN 2503-1945