PENERAPAN SISTEM JUST IN TIME PERSEDIAAN DI PRODUKSI Studi Kasus : PT. NITTO MATERIALS INDONESIA

Sumanto Sumanto, Lita Sari Marita

Abstract


Sistem Kanban adalah salah satu alternatif methode yang digunakan pada dunia industri untuk mencapai Customer Satisfaction (Kepuasan Pelanggan). Kanban adalah suatu alat yang digunakan untuk mencapai Just In Time (JIT) pada dunia industri khususnya industri manufacturing. Dengan menerapkan sistem Kanban secara benar dan konsisten diharapkan perusahaan tersebut bisa mengendalikan persediaan material dengan baik, sistem produksi yang cepat dan effisien, delivery time yang tepat guna baik pada supplier ke perusahaan maupun dari perusahaan ke customer, sehingga pada akhirnya perusahaan tersebut akan memperoleh beberapa keuntungan dalam segi Cost, Delivery, Quality. PT. Nitto Materials Indonesia yang merupakan Global Company yang produknya berupa Insulator telah dipasok dipenjuru dunia (Sekitar 95 % di Export). Dengan penerapan sistem Kanban di PT. Nitto Materials Indonesia diharapkan dapat membantu mengurangi Work In Process dan sekaligus cost produksi bisa lebih effisien. Dari hasil penelitian didapatkan kesimpulan bahwa dengan penerapan sistem kanban akan diperoleh penurunan WIP rata – rata sebesar 25,85 %. Jumlah kartu kanban (P-Kanban) sebanyak 68 kartu, sedangkan (C-Kanban) sebesar 68 kartu juga.

Kata kunci - Just In Time , Kanban, Persediaan

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Istiqomah, B. S. (2015). Perbaikan Kebijakan Just in Time kompone produk main floor side LH pada PT. Gaya Motor Bandung. Bandung: ITB.

Kasmi’an, S. (2007). Analisa Rancangan Sistem Kanban Pada Proses Perakitan Bearing Type 608 Di PT. NSK Bearing Manufacturing Indonesia. Jakarta: Universitas Mercu Buana.

Nasution, A. H., & Prasetyawan, Y. (2008). Perencanaan & Pengendalian Produksi. Indonesia: Graha Ilmu.

Stevenson, W. J., & Chuong, C. S. (2014). Operations Management. Asia Global Edition.

Sulastri, P. (2012). Sistem Just In Time ( JIT ) Penting Bagi Perusahaan Industri. Dharma Ekonomi.




DOI: http://dx.doi.org/10.51213/jimp.v2i3.75

Copyright (c) 2017 J I M P - Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan E-ISSN 2503-1945