MULTI-ATTRIBUTE DECISION MAKING UNTUK MENENTUKAN MULTIPLE INTELLIGENCE ANAK MENGGUNAKAN METODE WEIGHTED PRODUCT

Mohammad Ahsan, Romia Hari Susanti, Riski Nur Istiqomah

Abstract


Kecerdasan anak (Multiple Intelligence) dapat diketahui melalui kata-kata, angka, musik, gambar, kegiatan fisik atau kemampuan motorik bahakan lewat cara sosial-emosional. Multiple Intelligence pada dasarnya merupakan pengembangan dari kecerdasan otak (IQ), kecerdasan emotional (EQ), dan kecerdasan spiritual (SQ). Kecerdasan merupakan kemampuan yang dimiliki oleh seseorang untuk melihat suatu masalah, lalu menyelesaikan masalah tersebut atau membuat sesuatu yang dapat berguna bagi orang lain.

Intelegensi atau kecerdasan dapat dipandang sebagai kemampuan memahami dunia, berpikir rasional, dan menggunakan sumber-sumber secara efektif pada saat dihadapkan pada suatu tantangan. Ada yang berpendapat bahwa pengertian kecerdasan adalah kemampuan general manusia untuk melakukan tindakan-tindakan yang mempunyai tujuan dan berpikir dengan cara rasional. Selain itu, kecerdasan dapat juga diartikan sebagai kemampuan pribadi untuk memahami, melakukan inovasi, dan memberikan solusi terhadap berbagai situasi.

Multi Attribute Decision Making (MADM) yang digunakan dalam penelitian ini untuk membuat sistem pendukung keputusan menggunakan Weighted Product (WP) dalam menentukan kecerdasan anak (Multiple Intelligence). 8 kecerdasan dengan 8 kriteria menggunakan bobot yang telah ditentukan. Data yang diujikan berdasarkan data siswa baru yang telah mendaftar di SMP Negeri 3 Kepanjen dengan jumlah data 226 siswa yang telah terdaftar dan mengisi angket (indikator) yang telah disediakan melaui www.teskecerdasan.com. Hasil dari tersebut berupa grafik yang telah dirangking berdasarkan metode Weighted Product (WP).


Kata kunci – Multiple intelligence, weighted product, teskecerdasan

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Adi W, Gunawan., 2006. Genius Learning Strategy. Jakarta : Penerbit Gramedia Utama.

Ahsan, budi P, Harry S.P., 2015. Multiple Intelligence Menentukan Jurusan di SMA Menggunakan Teknik Multi-Attribute Decision Making. Jurnal eeccis UB, Volume 9 tahun 2015.

Ahsan, 2016. Decision Support System Menentukan Kecerdasan Majemuk Menggunakan Metode MADM Klasik. SMARTICS Journal, Vol. 2. No. 1. April 2016 (ISSN.2476-9754).

H Gardner. Basic Books (AZ), 2011. 2989*, 2011. Educational implications of the theory of multiple intelligences. H Gardner, T Hatch. Educational researcher 18.

Kusumadewi S, Hartati S, Harjoko A, dan Wardoyo R. 206. Fuzzy Multi-Attributr Decision Making (FUZZY MADM). Yogyakarta: Graha Ilmu.

Lucy, Bunda. 2010. Mendidik Sesuai Minat dan Bakat Anak (Painting Your Children’s Future). Jakarta: PT.Tangga Pustak.

Tzeng, H. G. & Huang J. J., 2011. Multiple Attribute Decision Making Methods and Applications: New York. Taylor & Francis Group, an Informa business.




DOI: http://dx.doi.org/10.51213/jimp.v2i2.64

Copyright (c) 2017 J I M P - Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan E-ISSN 2503-1945