APLIKASI PELAYANAN DAN PENGELOLAAN DATA BENGKEL SECARA ELEKTRONIK BERBASIS WEB

Moch. Fatchur Rozy, A. Prasita Nugroho, Moch. Nur Cholis

Sari


Perkembangan teknologi informasi membuat perubahan besar di dunia bisnis. Perkembangan tersebut tentunya didukung oleh adanya internet yang membantu perusahaan untuk mempromosikan produk dan jasa yang mereka kelola. Dengan keuntungan memanfaatan internet maka pengembangan aplikasi pelayanan dan pengelolaan data dibutuhkan untuk membantu pelanggan, admin dan warehouse. Bengkel Paimo merupakan usaha milik perorangan yang bergerak dibidang jasa yaitu perbaikan sepeda motor, bengkel tersebut belum memanfaatkan inernet sebagai alat untuk membantu perkembagan usaha bengkel. Sistem yang digunakan masih manual menggunakan sisitem pembukuan yang tidak efisien, sehingga menghambat proses pelayanan terhadap pelanggan. Dengan adanya masalah seperi itu maka harus di sediakanya aplikasi e-bengkel untuk membantu admin dan pelanggan agar mempermudah pelayanan dan pengelolaan bengkel. Hasil yang diperoleh dari pengembangan sistem ini adalah dengan melakukan tahapan analisa sistem, analisa-analisa perancangan sistem dan perancangan basis data sehingga mempermudah kegiatan perusahaan, mengolah data, membuat laporan menjadi lebih mudah dan efisien, penyajian informasi yang akurat, relevan dan tepat waktu membuat pihak manajemen dalam mengambil keputusan.

Kata kunci - bengkel, pelayanan dan pengelolaan data

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Dihyati, Ahmad, 1989, Sejarah Singkat Lahirnya Sholawat Wahidiyah, Kediri: Penyiaran dan Pembinaan Wahidiyah Pusat, hal 1-11.

Jumri, 2012, Perancangan Sistem Monitoring Konsultasi Bimbingan Akademik Mahasiswa dengan Notifikasi Realtime Berbasis SMS Gateway. hal. 34-55.

https://zenziva.net