SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN SELEKSI KARYAWAN MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING PADA PT.PHILIPS SEAFOOD INDONESIA

Mokhamad Isman Taufiq, Achmadi Prasita Nugroho, Sultoni

Abstract


Karyawan (sumber daya manusia / SDM) merupakan sumber daya yang sangat penting dalam perusahaan. Dalam perencanaan dan usaha untuk memenuhi kebutuhan SDM dilakukan seleksi yang dikelola secara profesional sehingga dapat menentukan mutu dan kesuksesan perusahaan.
PT. Philips Seafood Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang pangan yaitu crab and fish. Untuk meningkatkan produktivitasnya, perusahaan tentunya membutuhkan banyak karyawan yang berkualitas. Untuk memperoleh karyawan yang diharapkan perusahaan maka perlu dilakukan perekrutan karyawan.
Dibangun sebuah sistem pengambilan keputusan dalam memilih karyawan yang sesuai kebutuhan dan kriteria perusahaan dengan menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW). Penelitian ini menggunakan metode SAW karena merupakan salah satu metode penyelesaian multi kriteria dimana dalam perekrutan karyawan mempunyai banyak kriteria yang harus di pertimbangkan.

Kata Kunci : Sistem pendukung keputusan, Simple Weighting Additive

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


DAFTAR PUSTAKA

Dian R, Ardi Kusumaning. Sistem Pendukung Keputusan Rekruitmen Karyawan Produksi Menggunakan Metode Simple Additive Weighting pada PT Ploss Asia Semarang.Semarang :Universitas Dian Nuswantoro.

Firdana, Geby dkk. 2015. Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Penerimaan Pegawai Mikro Kredit Sales (MKS) dengan Metode Analitycal Hierarchy Process-Simple Additive Weighting (AHP-WP) (Studi Kasus : Bank Mandiri Cab.Tulungagung). Malang: Universitas Brawijaya.

Fishburn, 2006, Metode Simple Additive Weighting, (Dikutip: Kusumadewi).

Kusrini. 2007, Konsep dan Aplikasi Sistem Penunjang Keputusan, Yogyakarta : Andi Offset.

Mathis, Robert L. & Jackson, John H. 2001.Manajemen Sumebr Daya Manusia,Jakarta : Salemba Empat.

Oetomo, S.Kom, MM, Budi Sutedjo Dharma. Perencanaan Dan Pembangunan Sistem Informasi. Andi, 2006.

Pamungkas, Febry Don. 2014. Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Penerimaan Calon Bintara TNI AD dengan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (Studi Kasus : Panitia Daerah Kodam I Bukit Barisan Medan). Medan : STMIK Budi Darma Medan.

Raharjo, 2012 Perintah Dasar Database MySQL, Jakarta: Widuri hal 79.

Raharjo, 2012 Pengertian PHP, Jakarta: Widuri.hal 54.

Stoner RE Freeman,1995 Manajemen Jilid I, Jakarta: Prenhallindo, hal 64.

Togotorop,Arnando Fernande, 2015. Penerapan Metode Simple Additive Weighting dalam Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kerja Karyawan pada PT.Johan Sentosa Kab.Kampar.Medan :STMIK Budi Darma Medan.

Turban, E., Aronson, E.J., and Liang, T.P., 2005, Decision Support System and Inteligent System (diterjemahkan oleh Prabantini, D.), edisi 7 jilid1, Andi :Yogyakarta. Hal 78.




DOI: http://dx.doi.org/10.37438/jimp.v1i3.42

Copyright (c) 2016 J I M P - Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan E-ISSN 2503-1945