PEMUTUAN FISIK BERAS DENGAN TEKNIK PELABELAN FLOOD FILLING DAN PENGUKURAN PARAMETER RGB CITRA DIGITAL

Sujito, Mamud Yunus

Abstract


Hal yang masih lumrah dilakukan dalam penilaian mutu fisik beras hingga saat ini adalah dengan cara manual, yaitu inspeksi langsung sampel beras yang dilakukan oleh tenaga ahli dan berpengalaman. Beberapa kelemahan cara seperti ini diantaranya adalah; (1) penilaian yang bias karena adanya faktor subjektivitas; (2) hasil pengamatan yang tidak konsisten karena kelelahan fisik dan (3) waktu pengamatan yang relatif lebih lama. Berangkat dari permasalahan tersebut dibutuhkan suatu alternatif cara pemutuan fisik beras yang lebih cepat, konsisten, akurat dan mudah pengoperasiannya, sehingga dapat meningkatkan efisiensi kerja identifikasi mutu fisik beras.Metode yang dapat dijadikan alternatif pemutuan fisik beras adalah penerapan teknik pelabelan flood filling dan pengukuran parameter RGB citra digital dalam sebuah perangkat lunak aplikasi komputer. Teknik pelabelan flood filling digunakan untuk identifikasi jumlah butir beras dan mengklasifikasikannya sebagai butir utuh, butir kepala, butir patah, butir menir, butir gabah ataupun benda asing. Sedangkan metode pengukuran paramter RGB dari citra digital dapat digunakan untuk mengindentifikasi beras sebagai butir merah, butir kuning/rusak atau butir mengapur, benda asing dan butir gabah.Pengujian terhadap aplikasi dilakukan dengan menggunakan 100 citra input, dengan hasil 91% (91 citra) dapat dikenali dengan tepat oleh aplikasi sedangkan sisanya 9% (9 citra) gagal dikenali.

Kata kunci - Pemutuan, Pelabelan, Flood Filling, Citra Digital

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Burger, W, and Burge, M.J. 2008Digital Image Processing An Algorithmic Introduction using Java. New York: Springer ScienceBusiness Media, LLC.

Borg, Walter R. dan Meredith Damien Gall. 1979. Educational Research, An Introduction. third edition. New York: Longman.

BPS. 2014. http://www.bps.go.id/brs_file/aram_03nov14.pdf.

Damardjati, D.S. 1987. Prospek peningkatan mutu beras di Indonesia. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pertanian. Pusat Penelitian dan Pengembangan Pertanian. Bogor.

Damardjati D.S. dan E. Y. Purwani., 1991. Mutu Beras, Padi Buku 3. Departemen Pertanian, Badan Penelitian Dan Pengembangan Pertanian, Pusat Penelitian Dan Pengembangan Tanaman Pangan. Bogor.

Efford, N. 2000.Digital Image Processing a Practical Introduction Using Java. Essex: Pearson Education Limited.

Gonzales, Rafael C., Woods Richard E. 2002. Digital Image Processing.

Jahne, B. 2002.Digital Image Processing. Berlin: Springer-Verlag.

Kadir, Abdul dan Susanto, Adhi. 2013. Teori dan Aplikasi Pengolahan Citra. Yogyakarta: Andi Offset.

Kementrian Pertanian. 2014. http://www.indonesia.go.id/in/kementerian/kementerian/kementerian-pertanian/974-pertanian/13893-produksi-beras-indonesia-bakal-terus-meningkat.

Santosa, Adrizal dan Anggaini, Dina. 2011. Pendugaan Mutu Fisik Jagung Dengan Jaringan Syaraf Tiruan Menggunakan Parameter Warna Pada Pengolahan Citra Digital. Jurnal Teknologi Pertanian Andalas Vol 20, No. 3.

Somantri, Agus Supriatna. 2010.Menentukan Klasifikasi Mutu Fisik Beras Dengan Menggunakan Teknologi Pengolahan Citra Digital Dan Jaringan Syaraf Tiruan. Jurnal Standardisasi Vol. 12, No. 3 : 162 – 173

Somantri, Agus Supriatna., Darmawati, Emmy., Astika, I Wayan. 2013. Identifikasi Mutu Fisik Beras Dengan Menggunakan Teknologi Pengolahan Citra Digital Dan Jaringan Syaraf Tiruan. Jurnal Pascapanen Vol. 10, No. 2 : 95 – 103




DOI: http://dx.doi.org/10.37438/jimp.v1i3.37

Copyright (c) 2016 J I M P - Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan E-ISSN 2503-1945