Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Tempat Wisata Belanja di Kota Batam Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW)

Novitia Chinoi, Allsela Meiriza

Abstract


Kota Batam merupakan salah satu daerah yang sering dikunjungi sebagai tujuan wisata belanja oleh wisatawan karena banyaknya atraksi yang ditawarkan. Namun, tempat wisata belanja yang banyak merebak tersebut tidak selaras dengan informasi yang tersedia tentang tempat wisata terkait. Selain itu, banyaknya tempat-tempat tujuan wisata belanja acap kali membuat banyak wisatawan kebingungan dalam memilih tempat wisata belanja. Maka dari itu, pentingnya suatu sistem pendukung keputusan yang menunjang wisatawan dalam memilih tempat wisata belanja yang diinginkan. Dibutuhkan suatu metode dalam penerapannya agar sistem pendukung keputusan yang diinginkan dapat tercapai dimana salah satu metodenya adalah Simple Additive Weighting (SAW). Penelitian ini menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW) karena dapat menyelesaikan pengambilan keputusan multi kriteria. Terdapat lima kriteria yang digunakan dalam pemilihan tempat wisata belanja pada penelitian ini, yaitu transportasi (C1), suasana (C2), keamanan (C3), variasi produk (C4), dan fasilitas (C5). Berdasarkan perhitungan menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW) diperoleh bahwa tempat wisata belanja A4 (Alternatif 4) yaitu Nagoya Hill memegang nilai rangking tertinggi dengan nilai sebesar 1.00000 dan menjadikannya sebagai tempat wisata belanja yang paling direkomendasi.


Keywords


sistem pendukung keputusan; SPK; wisata belanja; decision support system; DSS; shopping tour; simple additive weighting; SAW

References


L. Fadliyanti, H. Sutanto, and B. S. Wijimulawiani, “Analisis Peran Sektor Pariwisata dalam Pembangunan Daerah di Kabupaten Lombok Barat (Pendekatan Location Quotient dan Klassen Typology Analysis),” Elastisitas - J. Ekon. Pembang., vol. 1, no. 2, pp. 106–114, 2019.

A. S. Chan, “Prediksi Kedatangan Wisatawan Pada Pariwisata Kota Batam Dengan Menggunakan Teknik Knowledge Data Discovery,” J. Ilm. Inform., vol. 6, no. 01, p. 11, 2018.

C. P. Wibowo and R. Roostika, “Building Positive Word-of-Mouth in the Shopping Tourism,” Rev. Integr. Bus. Econ. Res., vol. 8, no. 4, pp. 372–386, 2019.

A. García-Milon, J. Pelegrín-Borondo, E. Juaneda-Ayensa, and C. Olarte-Pascual, “The smartphone: The tourist’s on-site shopping friend. An extended cognitive, affective, normative model,” Telemat. Informatics, vol. 61, no. November 2020, p. 101618, 2021.

Erika Revida et al., Pengantar Pariwisata. Medan: Yayasan Kita Menulis, 2020.

Y. Yun, D. Ma, and M. Yang, “Human–computer interaction-based Decision Support System with Applications in Data Mining,” Futur. Gener. Comput. Syst., vol. 114, pp. 285–289, 2020.

N. Nurmalini and R. Rahim, “Study Approach of Simple Additive Weighting For Decision Support System,” Int. J. Sci. Res. Sci. Technol., vol. 3, no. 3, pp. 541–544, 2017.

Y. Yuan, Y. H. Tseng, and C. I. Ho, “Tourism information technology research trends: 1990-2016,” Tour. Rev., vol. 74, no. 1, pp. 5–19, 2019.

S. H. Sahir, R. Rosmawati, and K. Minan, “Simple Additive Weighting Method to Determining Employee Salary Increase Rate,” Ijsrst, vol. 3, no. 8, pp. 42–48, 2017.

S. Nie, H. Liao, X. Wu, M. Tang, and A. Al-Barakati, “Hesitant fuzzy linguistic dnma method with cardinal consensus reaching process for shopping mall location selection,” Int. J. Strateg. Prop. Manag., vol. 23, no. 6, pp. 420–434, 2019.

D. Hall, W. Astuti, and E. F. Rini, “Faktor-Faktor Pemilihan Lokasi Shopping Mall Di Kota Surakarta,” Desa-Kota, vol. 1, no. 2, p. 121, 2019.

S. Mansori and J. H. Chin, “Shopping Mall Attributes: Tourist Satisfaction and Loyalty,” Manag. Dyn. Knowl. Econ., vol. 7, no. 4, pp. 571–590, 2019.

A. Azmi, M. A. Ahmad, A. Abdullah, and G. Shaw, “Shopping in Malaysia : A Study of International Tourists ’ Experience and Expectation,” vol. 8, pp. 199–212, 2019.

N. Ghorui, A. Ghosh, E. A. Algehyne, S. P. Mondal, and A. K. Saha, “Ahp-topsis inspired shopping mall site selection problem with fuzzy data,” Mathematics, vol. 8, no. 8, pp. 1–21, 2020.

A. Azila, N. A. H. Zolkopli, S. B. M. Kamal, and D. Abdullah, “Aa Exploration of Tourist Out-Shopping Experience in Johor Bahru, Malaysia,” Malaysian J. Consum. Fam. Econ., pp. 34–44, 2018.

N. Wongkerd, “A Determinant of Community Shopping Malls as Tourists’ Attractiveness,” J. Adv. Manag. Sci., vol. 5, no. 5, pp. 355–362, 2017.

J. S. Lee and M. Choi, “Examining the Asymmetric Effect of Multi-Shopping Tourism Attributes on Overall Shopping Destination Satisfaction,” J. Travel Res., vol. 59, no. 2, pp. 295–314, 2020.

K. Kayat, A. Azmi, and A. L. Buliah, “Tourist Expectations of Malaysian Shopping Mall Experiences Kalsom,” J. Soc. Sci. Res., no. 6, pp. 244–250, 2018.

T. Kushwaha, S. Ubeja, and A. S. Chatterjee, “Factors Influencing Selection of Shopping Malls: An Exploratory Study of Consumer Perception,” Vision, vol. 21, no. 3, pp. 274–283, 2017.

A. D. Indriyanti, D. R. Prehanto, I. G. L. E. P. Prismana, Soeryanto, B. Sujatmiko, and J. Fikandda, “Simple Additive Weighting algorithm to aid administrator decision making of the underprivileged scholarship,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1402, no. 6, pp. 1–8, 2019.




DOI: http://dx.doi.org/10.37438/jimp.v6i1.330

Copyright (c) 2022 J I M P - Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan