GAME EDUKASI MEMILIH SAMPAH BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN ALGORITMA A-STAR (A*)
Abstract
Game pada intinya adalah sebuah interaktif, aktivitas yang berpusat pada sebuah pencapaian, ada pelaku aktif (player), ada pelaku pasif (NPC). Jenis sampah yang akan digunakan dalam game edukasi hanya pada sampah organik dan anorganik. Algoritma A-Star (A*) merupakan salah satu dari heuristic search yaitu untuk mencari estimasi jalur dengan cost terkecil dari node awal ke node berikutnya sampai mencapai node tujuan. Algoritma A* memiliki suatu fungsi yang didenotasikan dengan f(x) untuk menetapkan estimasi cost yang terkecil dari jalur yang dilalui node x.
Kata kunci - Game Edukasi, Sampah, Android, Algoritma A-Star
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Suindarti, 2011, Game Edukasi Meningkatkan Daya Ingat Anak Bermain Bersama Dido Dengan Macromedia Director. Amikom 2014.
Veronica Mutiana, Fitria Amastini, Noviana Mutiara, Optimasi Pencarian Jalur dengan Metode A-Star Studi Kasus: Area Gading Serpong, Tangerang Jurnal ULTIMATICS, Vol. V, No. 2. Desember 2013. ISSN 2085-4552.
Optimasi Rute Perjalanan Ambulance Menggunakan Algoritma A-Star Marhaendro Bayu Setyawan, Nurlita Gamayanti, Abdullah Alkaff Jurusan Teknik Elektro FTI – ITS.
Yuniati, Lukita 2011, Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Efek Doppler Sebagai Alat Bantu Dalam Pembelajaran Fisika Yang Menyenangkan
Pamungkas, Agung, dkk. (2014), Penerapan Algoritma A* (A STAR) Pada Game Edukasi The Maze Island berbasis android.
Nelson D. 2012, How To Make Video Games (lesson 10) introduction to game creation. Game Technology, Amirica.
Nirosh, 2014. “Introduction to Object Oriented Programming Concepts (OOP) and Moreâ€, codeproject.com, last accessed November, 24, 2014
http://www.scas.acad.bg/e-games
DOI: http://dx.doi.org/10.37438/jimp.v1i3.32
Copyright (c) 2016 J I M P - Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan E-ISSN 2503-1945