GAME EDUKASI MEMILIH SAMPAH BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN ALGORITMA A-STAR (A*)

Mohammad Ahsan, Irfan Faud

Abstract


Kebersihan merupakan hal yang paling utama dalam kehidupan manusia bahkan tidak bisa dipisahkan dan merupakan unsur fundamental dalam ilmu kesehatan. Tanggungjawab akan kebersihan merupakan hak bagi setiap manusia dan menjadi kewajiban dalam kehidupan bermasyarakat. Ajakan dan peringatan akan menjaga kebersihan yang terdapat didinding pintu, pinggir jalan yang berbentuk baleho bahkan dijadikan sebuah event dalam 17 agustusan (lomba kampung sehat dan bersih). Kesadaran akan kebersihan harus ditanamkan sejak dini untuk membiasakan hidup selalu bersih, hal ini sudah dilakukan oleh lembaga, instansi bahkan pemerintah pun memberikan sangsi bagi pelanggarnya oleh karena itu pemahaman akan jenis sampah perlu ditanamkan sejak dini.
Game pada intinya adalah sebuah interaktif, aktivitas yang berpusat pada sebuah pencapaian, ada pelaku aktif (player), ada pelaku pasif (NPC). Jenis sampah yang akan digunakan dalam game edukasi hanya pada sampah organik dan anorganik. Algoritma A-Star (A*) merupakan salah satu dari heuristic search yaitu untuk mencari estimasi jalur dengan cost terkecil dari node awal ke node berikutnya sampai mencapai node tujuan. Algoritma A* memiliki suatu fungsi yang didenotasikan dengan f(x) untuk menetapkan estimasi cost yang terkecil dari jalur yang dilalui node x.

Kata kunci - Game Edukasi, Sampah, Android, Algoritma A-Star

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Suindarti, 2011, Game Edukasi Meningkatkan Daya Ingat Anak Bermain Bersama Dido Dengan Macromedia Director. Amikom 2014.

Veronica Mutiana, Fitria Amastini, Noviana Mutiara, Optimasi Pencarian Jalur dengan Metode A-Star Studi Kasus: Area Gading Serpong, Tangerang Jurnal ULTIMATICS, Vol. V, No. 2. Desember 2013. ISSN 2085-4552.

Optimasi Rute Perjalanan Ambulance Menggunakan Algoritma A-Star Marhaendro Bayu Setyawan, Nurlita Gamayanti, Abdullah Alkaff Jurusan Teknik Elektro FTI – ITS.

Yuniati, Lukita 2011, Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Efek Doppler Sebagai Alat Bantu Dalam Pembelajaran Fisika Yang Menyenangkan

Pamungkas, Agung, dkk. (2014), Penerapan Algoritma A* (A STAR) Pada Game Edukasi The Maze Island berbasis android.

Nelson D. 2012, How To Make Video Games (lesson 10) introduction to game creation. Game Technology, Amirica.

Nirosh, 2014. “Introduction to Object Oriented Programming Concepts (OOP) and Moreâ€, codeproject.com, last accessed November, 24, 2014

http://www.scas.acad.bg/e-games




DOI: http://dx.doi.org/10.37438/jimp.v1i3.32

Copyright (c) 2016 J I M P - Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan E-ISSN 2503-1945