QUALITY OF SERVICES (QOS) UNTUK MENINGKATKAN SKEMA DALAM JARINGAN OPTIK

Harry Dhika, Syafitri Ayuning Tyas

Abstract


Abstrak

 Fiber optic merupakan bahan yang tepat untuk mengirimkan data ke dalam jaringan komputer.Namun ada saja permasalahan yang membuat lambatnya akses dalam mengirim data jarak jauh dengan menggunakan jaringan optik sering  terjadi karena banyak yang mengakses internet secara bersamaan. Di bidang jaringan komputer dan jaringan telekomunikasi packet-switched lainnya, kualitas layanan mengacu pada prioritas lalu lintas dan mekanisme kontrol reservasi sumber daya daripada kualitas layanan yang dicapai. Kualitas layanan adalah kemampuan untuk memberikan prioritas yang berbeda ke aplikasi, pengguna, atau aliran data yang berbeda, atau untuk menjamin tingkat kinerja tertentu pada aliran data. Kualitas layanan sangat penting untuk pengangkutan lalu lintas dengan persyaratan khusus.

 Secara khusus, pengembang telah memperkenalkan teknologi Voice over IP untuk memungkinkan jaringan komputer menjadi berguna seperti jaringan telepon untuk percakapan audio, serta mendukung aplikasi baru dengan persyaratan kinerja jaringan yang lebih ketat. QoS juga bertujuan untuk menyediakan suatu layanan yang berkualitas. kualitasnya pun berbeda-beda, salah satunya untuk berbagai kebutuhan layanan di jaringan IP. Sebagai contoh QoS dapat menyediakan bandwidth tertentu, dapat mengurangi packet loss, dapat mengurangi waktu tunda, dan juga bisa  menunda waktu perubahan dalam proses transmisi.

Kata Kunci : Quality of Servic, Jaringan Optik

Full Text:

PDF

References


Gunawan, A. H. 2008. Quality of Service dalam Data Komunikasi. Online.

Kamarullah, A. Hafiz. 2009. Penerapan Metode Quality Of Service pada jaringan Traffic yang padat. Palembang: Jurnal jaringan komputer universitas sriwijaya.

Ningsih, Y. K., T. Susila dan R. F. Ismet. 2004. Analisis Quality Of Service (QoS) pada Simulasi Jaringan Multiprotocol Label Switching Virtual Private Network (MPLSVPN). JETri, vol. 3

Wulandari, Rika. 2016. Analisis QOS (Quality of Service) pada Jaringan Internet (Studi Kasus: UPT Loka Uji Teknik Penambangan Jampang Kulon – LIPI).

Suhervan. 2010. Analisis Penerapan QOS (Quality Of Service) pada jaringan fram Relay Menggunakan Cisco Router. Jakarta: Universitas Esa Unggul.

Sofana, Iwan. 2011. Teori dan Modul Praktikum Jaringan Komputer. Bandung: Modula.

Saydam, Gouzali. 1997. Prinsip Dasar Teknologi Jaringan Telekomunikasi. Bandung: Angkasa.

Widodo, T. S. 1995. Optoelektronika Komunikasi Serat Optik. Yogyakarta: Andi Offset.

Putu, Dewa. 2009. Fiber Optik Pada Jaringan Komputer.

Sharma, P., Arora, Pardeshi, S. dan Singh, M. 2013. Fibre Optic Communication; An overview. Certified Journal, vol. 3, no. 5, pp. 474-479.

Praja, Guntara Fajar, dkk. 2013. Analisis Perhitungan dan Pengukuran Transmisi Serat Optik Telkomsel Regional Jawa Tengah. Bandung: Institut Teknologi Nasional.




DOI: http://dx.doi.org/10.37438/jimp.v5i2.268

____________________________________________________________
JIMP (Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan)
ISSN 2502-5716(Print) | 2503-1945 (Online)
Published by Fakultas Teknologi Informasi Universitas Merdeka Pasuruan 
Managed by Program Studi Informatika, Universitas Universitas Merdeka Pasuruan
Address Jl. Ir. Juanda no.68 Pasuruan
Website http://ejurnal.unmerpas.ac.id/index.php/informatika
email jimp.unmerpasuruan@gmail.com

JIMP is supervised by Relawan Jurnal Indonesia and PKP|Index.