EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI VN PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SMP

Nur Qoyimah

Abstract


Aplikasi berbasis video sering digunakan sebagai media pengajaran untuk mempermudah pembelajaran jarak jauh dengan kesan pembelajaran konvensional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif menggunakan observasi dan studi analisis. Dalam tahap perancangan, penulis membuat video pembelajaran menggunakan aplikasi VN mengenai teks prosedur mata pelajaran Bahasa Indonesia. Objek penelitian kali ini adalah 11 siswa/i SMP. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas penggunaan aplikasi VN pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah 1) 7 dari 11 responden menjawab bahwa belajar menggunakan aplikasi VN menyenangkan dan dapat membantu mereka dalam memahami pembelajaran, 2) aplikasi VN merupakan media pembelajaran yang efektiv digunakan dalam materi Bahasa Indonesia SMP.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Rohani, Ahmad. 2007. Media Instruksional Edukatif. Jakarta: Aneka Cipta.

Degeng, I Nyoman Sudana. 2006. Buku Pegangan Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Seels, Barbara B. diterjemahkan oleh Yusuf Hadi Miarso. 2006. Teknologi Pembelajaran; Definisi dan Kawasannya. .Jakarta: Unit Percetakan UNJ.

Suparman, Alwi. 2007. Desain Instruksional. Jakarta: Universitas Terbuka.

Uno, Hamzah B. 2010. Perencanaan Pembelajaran, Teori dan Praktek. Jakarta: Alawiyah Press.

R, Rahardjo. 1986. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali.

Sumiharsono, R. 2017. Media Pembelajaran: Buku Bacaan Wajib Dosen, Guru dan Calon Pendidik. Jakarta: Pustaka Abadi.

Hamalik, Oemar. 1994. Media Pendidikan, Bandung: Citra Adtya Bakti.




DOI: http://dx.doi.org/10.37438/jimp.v5i2.263

Copyright (c) 2021 J I M P - Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan