Sistem Penunjang Keputusan Penentuan Siswa Terbaik Dengan Menggunakan Metode Weighted Product

Eka Pratama, Linda Sari Dewi, Titin Prihatin

Abstract


Pada umumnya sekolah hanya menentukan siswa terbaik dari nilai mata pelajaran yang bersifat umum saja sehingga jarang sekali sekolah yang memperhatikan prestasi siswa dibidang agama, padahal agama adalah suatu pondasi yang harus dibentuk setiap umat manusia. Maka dibuatkanlah suatu penelitian dengan menggunakan metode Weight Product (WP). WP adalah suatu metode penelitian dalam sistem pendukung keputusan dengan menggunakan kriteria – kriteria yang dipakai sebagai acuan agar seseorang dapat menentukan siswa mana yang terbaik. Baik dalam hal umum, hal agama, dan hal – hal lain yang ingin digunakan sekolah untuk menentukan siswa terbaik disekolah tersebut. Tujuannya agar penetapan predikat siswa terbaik tidak berlandaskan pada satu aspek penilaian saja. Dalam penelitian dengan menggunakan metode Weighted Product ini memperoleh hasil siswa A23 mendapat predikat siswa terbaik di SMP Perjuangan dan Informatika Terpadu dan siswa A21 mendapat predikat paling bawah. Predikat tersebut sudah dihitung sedemikian rupa mulai dari penentuan kriteria hingga memperoleh hasil tersebut.


Kata Kunci : Penentuan Siswa Terbaik, Metode Weighted Product.


Full Text:

PDF

References


deli ,erwandi ,khoir. (2017). Sistem Pendukung Keputusan Penerima Beasiswa Mahasiswa-Ku Di DPU - DT Priangan Timur Dengan Menggunakan Metode Weighted Product. 58-67.

kirom, a. (2017). Peran Guru Dan Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran Berbasis Multikultural. 69 - 80.

Astuti, Y., & Isna Zahrotul Fu’ad. (2017). Penentuan Karyawan Terbaik Menggunakan Metode Simple Additive Weighting Pada PT. Patra Nur Alaska. Seminar Nasional Tekhnologi Informasi Dan Multimedia, 37–42. Retrieved from http://ojs.amikom.ac.id/index.php/semna steknomedia/article/view/1699/1576

Nofiansyah, D., & Defit, S. (2017). Multi Criteria Decision Making

Kusrini, 2007. Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan. C.V Andi Offset. Yogyakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.51213/jimp.v5i2.262

Copyright (c) 2021 J I M P - Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan