Perancangan Aplikasi Pembelajaran Ilmu Tajwid Berbasis Mobile

Ainur Rodliyah, Dian Ahkam Sani, Mochammad Firman Arif

Abstract


 

 Ilmu tajwid merupakan ilmu yang mempelajari tentang teknik mengeluarkan huruf sesuai dengan makhrajnya dan memberikan hak bacaan serta karakteristiknya dengan tujuan menghindari kesalahan lisan dalam mengucapkan huruf-huruf Al-Qur’an. Salah satu media pembelajaran yang digunakan adalah media pembelajaran berbasis mobile yang mencakup sistem operasi, middleware, dan aplikasi. Dengan adanya media ini, diharapkan dapat membantu mempermudah dan menyingkat waktu dalam belajar tajwid. Hasil pengujian fungsional sistem dengan akses sebagai user berjalan sesuai fungsinya. Pada tahap pengujian aplikasi yang dilakukan dengan menggunakan 2 android yaitu : android 4.2 (Jelly Bean), android 7.0 (Nougat). Semua fungsi dari sistem berjalan dengan yang diinginkan. Hasil pengujian dari pembelajaran menggunakan Aplikasi Pembelajaran Ilmu Tajwid Berbasis Mobile didapatkan hasil presentase pengujian fungsionalnya 100% sukses. Untuk Hasil akhir pada pengujian pre-test dan post-test, didapatkan hasil bahwa dari 20 siswa yang telah memainkan game menghasilkan 17 siswa yang meningkat dengan presentase 65 %, 3 siswa yang menurun dengan presentase 15%, dan 4 siswa yang signifikan dengan presentase 20%. Aplikasi pembelajaran ilmu tajwid digunakan untuk anak usia 8 s/d 12 tahun dan aplikasi ini hanya dapat dijalankan pada android.

 

Kata Kunci: Ilmu tajwid, Media Pembelajaran, Android.


Full Text:

PDF

References


Sani, D. A. 2017. Efektifitas Aturan Main Untuk Game Edukasi Kosakata Bahasa Arab Berbasis Mobile. Tesis. Surabaya: Fakultas Teknologi Informasi.

Sudiarjo, A., Mariana, A. R., & Nurhidayat, W. (2015). Aplikasi Pembelajaran Ilmu Tajwid, Waqaf dan Makharijul Huruf Berbasis Android. Jurnal Sisfotek Global, 5(2). (online)

(http://journal.stmikglobal.ac.id/index.php/sisfotek/article/view/80) diakses 25 Maret 2018.

Sugianto, C. A., & Zundi, T. M. (2017). Rancang Bangun Aplikasi Donor Darah Berbasis Mobile di PMI Kabupaten Bandung. KOPERTIP: Jurnal Ilmiah Manajemen Informatika dan Komputer, 1(1), 11-18. (online) ( http://jurnal.kopertipindonesia.or.id/ojs/index.php/kopertip/article/view/5) diakses 25 Maret 2018.

Sugiyono, (2008). Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Supriyono, H., Nur Saputra, A., Sudarmilah, E., & Darsono, R. (2014). Rancang bangun aplikasi pembelajaran hadis untuk perangkat mobile berbasis.




DOI: http://dx.doi.org/10.37438/jimp.v5i1.247