Rancang Bangun Apartment Inventory System (APINSYS)

Miwan Kurniawan Hidayat, Suryanto Suryanto, Muhammad Ikbal Tajudin

Abstract


Luas lahan permukiman yang terbatas dibandingkan pertumbuhan jumlah penduduk saat ini menjadi salah satu faktor pendorong pembangunan apartemen sebagai tempat hunian yang dikomersialisasikan baik dengan sistem beli atau sewa. Untuk mewujudkan lingkungan permukiman yang aman dan nyaman diperlukan manajemen yang baik dalam mengelolanya. Apartment Inventory System merupakan suatu sistem yang memberikan layanan informasi hasil dari proses-proses yang terdiri barang masuk, pergudangan, barang keluar dan pelaporan. Dalam rangka peningkatan kinerja manajemen persediaan barang pada apartemen perlu dirancang dan dibangun suatu sistem informasi inventory yang memberikan layanan informasi berupa reports yang diperuntukan bagi manajemen apartemen. Sistem yang dirancang dapat mempermudah, mempercepat dan mengurangi tingkat kesalahan dalam pengolahan data dibandingkan dengan cara manual. Sistem dikembangkan dengan metode waterfall dan menggunakan PHP serta basis data MySQL, yang diharapkan dapat membantu manajemen dalam mengelola data persediaan barang.


Kata Kunci: sistem; sistem informasi; persediaan


Full Text:

PDF

References


Jay, H., & Render, B. (2008). Operation Management, 9th ed. Pearson Education.

Prabowo, Faizal Ari; Syani, M. (2017). Sistem Informasi Pengolahan Sertifikat Berbasis Web Di Divisi Training Seamolec. Jurnal Masyarakat Informatika Indonesia, 2(January), 73–81.

Robbins, S. P., & Coulter, M. (2013). Management. Pearson.

Stephen, H., & Maeve, C. (2013). Management Information Systems For The Information Age Ninth Edition. McGraw-Hill/Irwin.

Zalukhu, S., & Handriani, I. (2019). Analisa Dan Perancangan Aplikasi Sistem Inventory (Studi Kasus: PT. Cakra Medika Utama). JSAI (Journal Scientific and Applied Informatics), 2(1), 116–122. https://doi.org/10.36085/jsai.v2i1.153




DOI: http://dx.doi.org/10.51213/jimp.v5i1.246

Copyright (c) 2020 J I M P - Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan