Sistem Pendukung Keputusan Untuk Membantu Calon Siswa Memilih SMA Negeri di Kota Pasuruan Menggunakan Metode AHP

Muhammad Hanif, Rudi Hariyanto, Anang Aris Widodo

Abstract


Pemilihan SMA Negeri di Kota Pasuruan ini dibuat untuk membantu siswa untuk memilih sekolah dan untuk mengetahui informasi sekolah, perangkingan SMA Negeri di Kota Pasuruan ini berdasarkan kriteria Nilai Unas, Zona, Pagu, dan Jurusan. Sistem ini menggunakan dan mengembangkan konsep dasar Analytical Hierarchy Process (AHP) yang akan digunakan sebagai teori dasar untuk melakukan perhitungan pembobotan dari tiap faktor dan kriteria nyata yang ada di lapangan. Sistem ini dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan MySQL sebagai basis data. Dengan terciptanya sebuah aplikasi yang bisa merangking sekolah berdasarkan data yang ada dan dipadukan dengan metode AHP maka Hasil Akhir dari penelitian ini yaitu nilai bobot SMA Negeri 1 Pasuruan sebesar 5,21, SMA Negeri 2 Pasuruan sebesar 4,74, SMA Negeri 3 Pasuruan sebesar 3.91 dan SMA Negeri 4 Pasuruan Pasuruan 2.63.


Kata Kunci: Sistem Pendukung Keputusan, Pemilihan SMA Negeri, AHP.


Full Text:

PDF

References


Kusrini, 2007. Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan. C.V Andi Offset. Yogyakarta.

Turban, 2005. Decision Support Systems and Intelligent Systems (Sistem pendukung keputusan dan sistem cerdas) Jilid 1, Andi Offset. Yogyakarta.

Jogiyanto, 2008. Analisis dan Desain Sistem Informasi, Andi Offset. Yogyakarta.

Nugroho, Bunafit. 2009. Latihan membuat aplikasi Web PHP dan Mysql dengan Dreamweaver MX [6 ,7 2004] dan 8. Gava Media. Yogyakarta.

Juju, Dominikus, Matamaya, 2010. Studio, Perang Browser, Elex Media Komputindo. Jakarta.

Dedi Trisnawarman, Margaret Livereja, 2006. Aplikasi Sistem Pengambilan Keputusan Pemilihan Sekolah.

Fintri Indriyani, 2017. Sistem Penunjang Keputusan Pemilihan Sekolah Dasar Islam Menggunakan Analytic Hierarchy Process.

Nuruddin Nova Sekti Aji, 2012. Sistem Pendukung Keputusan Untuk Membantu Calon Siswa Memilih Sekolah Menengah Lanjutan Di Surakarta.

Kenti Yuliani Dkk, 2016. Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Sekolah Dasar Menggunakan Metode Analytic Hierarchy Process (AHP) pada Gugus Sungai Jingah Kecamatan Banjarmasin Utara.

Mayang Anglingsari Putri Dkk, 2015. Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan LBB pada Kampung Inggris Pare Menggunakan Metode AHP.

Danang Dkk, 2017. Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan PTS Jurusan Komputer Menggunakan Metode AHP di Kota Semarang.

A Yani Ranius, 2014. Sistem Pendukung Keputusan Memilih Perguruan Tinggi Swasta di Palembang Sebagai Pilihan Tempat Kuliah.

Ana Fitriana Dkk, 2017. Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Sekolah Dasar Islam di Pontianak.

Ayu Ulfa Dkk, 2017. Sistem Pendukung Keputusan Untuk Memilih Tempat Kursus Bahasa Inggris di Kota Medan Dengan Penerapan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP).




DOI: http://dx.doi.org/10.37438/jimp.v5i1.245