Implementasi Monitoring Jaringan Melalui Aplikasi Sosial Media Telegram Dengan Snort

Danu Kusuma, Ucuk Darussalam, Deny Hidayatullah

Abstract


Dengan meningkatnya kejahatan internet di era berkembang dan maju saat ini, maka di butuhkan IDS (Intrusion Detection System) yang dimana dapat mendeteksi serangan-serangan dari pihak luar berupa alert dari Snort. Memonitoring keamanan jaringan adalah salah satu upaya dari pihak administrator agar tetap menjaga alur jaringan terhindar serangan-serangan dari pihak luar yang merugikan. Telegram adalah aplikasi messenger yang akan membantu pihak administrator untuk memonitoring jaringan lebih mudah. Karena setiap serangan yang terdeteksi oleh Snort akan memberikan alert ke Telegram dan di terima oleh pihak administrator. Dari Telegram akan terlihat jenis serangan dan status serangan berbahaya atau tidak bagi administrator.
Kata kunci - Monitoring, jaringan, snort, telegram, alert


Full Text:

PDF

References


Asep Fauzi Mutaqin, Rancang Bangun Sistem Monitoring Keamanan Jaringan Prodi Teknik Informatika Melalui SMS Alert dengan Snort. Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (JUSTIN) (2016).

Lidia Putri, Implementasi Instruction Detection SystemMenggunakan Snort Pada Jaringan Wireless (Studi Kasus: SMK Triguna Ciputat) (2011).

Rizki Triandini, IMPLEMENTASI INTRUSION DETECTION SYSTEM MENGGUNAKAN SNORT, BARNYARD2 DAN BASE PADA SISTEM OPERASI LINUX. (2016).

Ery Setiyawan Jullev Atmaji, Bekti Maryuni

Susanto, Monitoring Keamanan Jaringan Komputer Menggunakan Network Intrussion Detection System (NIDS) (2016).

Dias Utomo, Muchammad Sholeh, Arry Avorizano, Membangun Sistem Mobile Monitoring Keamanan Web Aplikasi Menggunakan Suricata dan Bot Telegram (2017).

Zaki Akhyar, Hendrawaty , Azhar, Rancang Bangun Sistem Pengiriman Alert Instrusion Detection System Suricata Melalui Telegram (2018).

Khairulanam, Sistem Pendeteksi Serangan Pada Jaringan Komputer Menggunakan Snort Berbasis Sms Gateway (Studi Kasus: Taman Pintar Yogyakarta) (2011).

Rico Ronaldo, Implementasi Sistem Monitoring Jaringan Menggunakan Mikrotik Router OS di Universitas Islam Batik Surakarta.

Rishabh Upadhyay, Chatbot Platform As Command & Control Channel In Botnet (2017).

Mohamad Hanif Md Saad#, Rabiah Adawiyah Shahad*, Mohamad Zaki Sarnon*, Muhammad Faiz Mohd Shukri*, Aini Hussain, Smart Pump Operation Monitoring and Notification (PuMa) Via Telegram Social Messaging Application (2017).

Arpenta L.T. Ginting, Junika Napitupulu, Jamaluddin Jamaluddin, Sistem Monitoring Pendeteksian Penyusup Menggunakan Snort pada Jaringan Komputer Fakultas Ekonomi Universitas Methodist Indonesia (2015).

Yohanes Priyo Atmojo, Bot Alert Snort dengan Telegram Bot API pada Intrusion Detection System: Studi Kasus IDS pada Server Web (2018).

Arief Prasetyo, Luqman Affandi , Dedi Arpandi ,IMPLEMENTASI METODE NAIVE BAYES UNTUK INTRUSION DETECTION SYSTEM (IDS) (2018)




DOI: http://dx.doi.org/10.51213/jimp.v5i1.242

Copyright (c) 2020 J I M P - Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan