Sistem Presensi Fingerprint Berbasis Smartphone Android

holilur rohman, Ucuk Darussalam, Novi Dian Natashia

Abstract


Sistem pencatatan kehadiran mahasiswa akan berjalan baik jika di monitoring dan dapat diolah secara otomatis. Pencatatan presensi kehadiran mahasiswa dapat dilakukan dengan berbagai cara. Proses presensi di Fakultas Teknik Informatika UNAS masih menggunakan sistem manual dengan melakukan tanda tangan pada kertas yang cenderung kurang efektif dan efisien. Hal ini dapat menimbulkan celah kelemahan dan terjadinya kecurangan dalam proses kehadiran. Tujuan perancangan ini akan menghasilkan sebuah sistem kehadiran mahasiswa yang menggunakan fingerprint ke dalam aplikasi mobile untuk ketercapaian dalam proses presensi kehadiran mahasiswa agar tidak terjadinya kecurangan yang biasa di lakukan. Sistem dibangun dengan menggunakan berbasis web yang di implementasikan ke dalam mobile dan perancangan sistem mencakup perancangan arsitektur sistem. Metode penegembangan sistem perangkat lunak ini menggunakan metode SDLC (System Development Life Cycle), proses perancangan menggunakan DFD (Data Flow Diagram), perancangan basis data dan perancangan antarmuka sistem. Dengan hasil yang sudah di uji rata rata menunjukan waktu 00,53s dengan hasil yang valid. Dengan adanya sistem presensi kuliah berbasis android ini, diharapkan dapat digunakan untuk proses pencatatan serta me-monitoring jumlah kehadiran mahasiswa dalam proses perkuliahan.


Kata kunci - Android, DFD, Fingerprint, SLDC, Sistem kehadiran mahasiswa


Full Text:

PDF

References


Amir Syarifudin, M. W. (2018). APPSEN ( Aplikasi Mobile Absensi Mahasiswa Menggunakan Fingerprint ). 1–5.

Buddhiwant, A., Bharkshe, M., Bansod, R., & Chandekar, M. (2017). Smart Attendance Application. 3(2), 221–224.

Kohpare, U. (2017). E - School Android Application. 3(10), 26–29.

Kusumarani, N., Bijaksana, A., & Negara, P. (2017). Sistem Informasi Kehadiran Dosen Mengajar dengan Menggunakan Sidik Jari Pada Program Studi Teknik Informatika Universitas Tanjungpura. 1(2).

Nanang Durahman1, A. Y. (2018). Jurnal teknik informatika udinus 1. Interface Fingerprint Di Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Dan Komputer DCI, 128(1), 1–13.

Purnomo, D., Alamsyah, M., Teknik, F., Informatika, P. T., Malang, U. W., Informatika, P. T., … Pasuruan, U. M. (2018). Perancangan sistem presensi kuliah berbasis android. 1083–1088.




DOI: http://dx.doi.org/10.37438/jimp.v5i1.241