Perancangan Aplikasi Pembelajaran Aksara Sunda Berbasis Android

Indra Chaidir, Yosan Erwanto, Felix Wuryo Handono

Abstract


Aksara Sunda merupakan salah satu aksara yang sudah jarang kita temui di pelajaran-pelajaran sekolah, walaupun di daerah yang dominan penduduknya berbahasa sunda, seperti Bogor, Cianjur, dan Bandung. Hal ini disebabkan tidak lain karena semakin banyaknya budaya asing yang masuk ke Indonesia, sehingga banyak budaya yang semakin kehilangan eksistensinya, salah satunya yang akan saya bahas ini, yaitu aksara Sunda. Aplikasi Pembelajaran Aksara Sunda dibuat untuk mempermudah belajar aksara Sunda dan memberikan pengetahuan lainnya seperti sejarah, pengenalan bentuk aksara dan latihan mengingat aksara yang dibuat dengan bahasa pemrograman Java. Metode yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan studi pustaka. Dalam tahap perancangan, penulis membuat perancangan terstruktur dengan menggunakan flow diagram. Hasil yang didapat dari pembuatan aplikasi pembelajaran aksara Sunda ini adalah agar dapat mempermudah pengguna khususnya para pelajar untuk belajar aksara Sunda, mendapatkan informasi tambahan tentang sejarah aksara Sunda, jenis-jenis aksara Sunda dan melatih daya ingat pengguna dengan cara bermain game acak yaitu mencocokkan aksara yang tampil.


Kata Kunci: Aksara Sunda, Aplikasi, Android.


Full Text:

PDF

References


Gabriel, Dyah. 2018.” Aplikasi Aksara Sunda Pada Limbah Batu di Majalengka, Jawa Barat”.

Lembaga Penelitian dan Pengabdian

Masyarakat: 330.

Iswandy, Eka. 2015. “Sistem Penunjang Keputusan Untuk Menentukan Penerimaan Dana Santunan Sosial Anak Nagari Dan Penyalurannya Bagi Mahasiswa Dan Pelajar Kurang Mampu Di Kenagarian Barung - Barung Belantai Timur.” Teknoif 3 (2): 70–79. https://doi.org/2338-2724.

Juansyah, Andi. 2015. “Pembangunan Aplikasi Child Tracker Berbasis Assisted – Global Positioning System ( A-Gps ) Dengan Platform Android Jurnal Ilmiah Komputer Dan Informatika ( KOMPUTA ).” Jurnal Ilmiah Komputer Dan Informatika (KOMPUTA) 1 (1): 1–8.

Sabhana, Murtako. 2016. “Aplikasi Pembelajaran Aksara Sunda", Jurnal TAM (Technology Acceptance Model) Volume 7 ” 7 (7): 11–15.

Pratama, Aldi Andika, Ratri Dwi Atmaja, and I Nyoman Apraz Ramatryana. 2016. “Desain Dan Analisis Penerjemah Aksara Sunda Dengan Metode Speeded Up Robust Features Dan Radial Basis Function Neural Network" (3): 4593–4600.

Purnomowulan, N Rinaju, Samson Cms, Susi Machdalena, Evi Rosyani Dewi, and Anggy Endrawan. n.d. “Teknologi Tepat Guna – Membangun Kecintaan Dan Kebanggaan Pada Kearifan Lokal Bahasa Sunda.”

Purwaningsih, Fitri, and Mohammad Badrul. 2017. “Penerapan Algoritma Huffman Untuk Aplikasi Pengamanan Sms Berbasis Android.” Jurnal PROSISKO 4 (2): 60–66.

R, Rr Tri Isnainy, Siska Komala Sari, and Hadi Prasetyo Utomo. 2014. “Aplikasi Pembelajaran Aksara Sunda Untuk Sekolah Dasar Berbasis Multimedia Pada SDN Cicinde Utara 1 Banyusari Karawang” 1 (7): 267–76.

Sasmito, Ginanjar Wiro. 2017. “Penerapan Metode Waterfall Pada Desain Sistem Informasi Geografis Industri Kabupaten Tegal.” Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT 2 (1): 6–12. https://doi.org/10.30591/JPIT.V2I1.435.

Vadlya Maarif, Hidayat Muhammad Nur, Wati Rahayu. 2018. “Aplikasi Pembelajaran Ilmu Tajwid Berbasis Android.” Evolusi 6 (1): 91–100. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/evolusi/article/view/3586.




DOI: http://dx.doi.org/10.37438/jimp.v4i3.231