Implementasi Chatbot Menggunakan Dialogflow dan Messenger Untuk Layanan Customer Service Pada E-Commerce

Chaulina Alfianti Oktavia

Abstract


Customer service merupakan salah satu pendukung terpenting dalam proses bisnis. dengan adanya customer service maka konsumen akan dengan mudah mendapatkan pelayanan mengenai informasi produk yang dibutuhkan. sehingga dibutuhkan sistem layanan yang cepat dan tanggap dalam memberikan respon kepada konsumen. sistem layanan yang saat ini telah berkembang seiring dengan kemajuan teknologi adalah sistem bot. bot atau disebut dengan chatbot merupakan teknologi artificial intelligence yang memberikan respon atau interaksi dengan user melalui pesan teks maupun suara. pada penelitian ini, teknologi chatbot dirancang dengan menggunakan dialogflow yang terdiri dari agent, intent dan training phrase. selanjutnya dilakukan uji coba dengan menggunakan messenger. Hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem chatbot berhasil dirancang untuk memberikan respon kepada pengguna berdasarkan pertanyaan yang diberikan. Chatbot mampu memberikan respon dengan menyesuaikan kata-kata yang terdapat pada training phrase.


Kata Kunci: artificial intelligence, chatbot, dialogflow


Full Text:

PDF

References


Albayrak, Naz, Aydeniz Özdemir, and Engin Zeydan. "An overview of artificial intelligence based chatbots and an example chatbot application." 2018 26th Signal processing and communications applications conference (SIU). IEEE, 2018.

Almilia, S.L, 2009, Penerapan E-Commerce sebagai upaya PeningkatanPersaingan Bisnis. Jurnal, STIE Perbanas. Surabaya

Ayun, Primada Qurrota. "Penggunaan Instant Messanger Dan Komunikasi Interpersonal Remaja." Jurnal Ilmu Sosial 15.2: 111-120.

Kerly Alice, Hall & Bull Susan Phill. Bringing chatbots into education: Towardsnatural language negotiation of open learner models. Knowledge-BasedSystems 20 (2007) 177–185. 2006.

Komawar, O., Thakar, P., Shetty, R., Bartakke, A., & Desai, P. M. (2015). An Internet Relay Chat Bot using AIML. International Journal of Science and Research, 4(10), 2014–2016

Milton, R., Hay, D., Gray, S., Buyuklieva, B., & Hudson-Smith, A. (2018, March). Smart IoT and Soft AI. In Living in the Internet of Things: Cybersecurity of the IoT-2018 (pp. 1-6). IET.

Oupraxay, A., & Diego, S. (2010, June), Android Based Mobile Order Management System Paper presented at 2010 Annual Conference & Exposition, Louisville, Kentucky. https://peer.asee.org/15822

Rousan, Ramzi, M., Mohamed, B., 2010. Customer Loyalty and the Impacts ofService Quality: The Case of Five Star Hotels in Jordan. Int. J. Hum. Soc.Sci. 886–892.




DOI: http://dx.doi.org/10.37438/jimp.v4i3.230