Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Paket Umroh Menggunakan Metode Ahp Pada Pt Shabilla Eraldo Utama

Budi Santoso, Harianto Harianto, Sumanto Sumanto

Abstract


PT Shabilla Eraldo Utama Tours &Travel (shabilla travel) bergerak dalam jasa tour and travel umroh dan haji sejak tahun 2010 hingga kini. Shabilla travel ini memiliki banyak pilihan paket umroh, yaitu Paket Umroh Reguler, Paket Umroh Kombinasi, Paket Umroh VIP, Paket Umroh Plus Oman, Paket Umroh Plus Turki, Paket Umroh Plus Dubai, Paket Umroh Plus Kairo, dan Paket Umroh Plus ramadhan. Shabilla travel ini sudah memiliki Izin kemenag RI No:D/645/2013. Di PT Shabilla Eraldo Utama Tours &Travel (shabilla travel) ini memiliki masalah yang sering terjadi pada PT Shabilla Eraldo Utama Tours &Travel (shabilla travel) adalah dimana para calon jama’ah umroh bingung memilih paket yang sesuai dengan keinginannya.Beberapa kali terjadi kekecewaan karena tidak sesuai para calon jama’ah.tujuan peneliti membuat penelitian ini untuk membantu calon jama’ah agar tidak kebingungan dalam memilih paket umroh. Dengan mengunakan metode AHP (Analitycal Hierarchy Process) untuk menentukan nilai bobot tertinggi paket umroh berarti paket umroh itulah yang memiliki banyak peminatnya.


Kata Kunci:AHP, umroh,


Full Text:

PDF

References


. Arifin, G. (2009). Peta Perjalanan Haji dan Umrah. Jakarta: Kompas Gramedia.

. Bagir, M. (2010). Fiqih Praktis I Menurut Al-Quran, As-Sunnah, dan Pendapat Para Ulama. Bandung: Karisma.

. Diana, M. d. (2015). Sistem Penunjang Keputusan Pemilihan Paket Umroh Dengan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) Studi Kasus : PT.Mahkota Bumi Barokah (Mahbuba Tour & Travel) Jakarta Selatan. Jurnal Telematika Mkom, 166-176.

. Kusrini. (2010). Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta: CV ANDI OFFSET.

. Manul. (2015). Cara Cepat, Tepat & Hemat Pergi Umroh. Jakarta. Jakarta: Worldwide.

. Rochmasari, l. S. (2010). Penentuan Prioritas Usulan Sertifikasi Guru Dengan Metode AHP (Analitic Hierarky Process). Jurnal Teknologi Informasi, 155-121.

. Sangadji, M. E. (2010). METODOLOGI PENELITIAN Pendekatan Praktis dalam Penelitian. Yogyakarta: CV ANDI OFFSET.

. Utama, D. N. (2017). Sistem Penunjang Keputusan. Yogyakarta: Garudhawaca.




DOI: http://dx.doi.org/10.51213/jimp.v4i2.204

Copyright (c) 2019 J I M P - Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan