Sistem Pakar Untuk Menyusun Ransum Konsentrat, Kandungan Gizi Dan Harga Pakan Ternak Sapi Potong Dengan Metode Rule Base Dan Pearson Square

muhammad agus priyono

Abstract


Perkembangan sistem pakar sudah banyak diterapkan untuk berbagai bidang kajian, diantaranya bidang pendidikan (untuk tutorial), bidang akademik, bidang kedokteran (untuk mendiagnosa penyakit baik manusia maupun hewan), dan sebagainya. Dalam kajian ini diterapkan sistem pakar untuk menyusun ransum konsentrat termasuk kandungan gizi dan perkiraan harga bahan baku pakannya. Sistem dibangun menggunakan metode rule base dan pearson square menggunakan bahasa pemrograman PHP. Sistem ini bersifat interaktif. Dengan menginputkan data ke sistem berupa jenis sapi dan bobot sapi, serta memilih macam bahan baku pakan yang ada di sekitar, pemakai akan mendapatkan informasi kebutuhan pakan yang harus terpenuhi yakni terdiri dari pakan hijauan dan pakan tambahan/konsentrat dengan kandungan gizi yang dibutuhkan serta komposisi bahan baku pakan yang diperlukan dan perkiraan harganya.


Kata Kunci : Sistem pakar, Sapi, bahan pakan, konsentrat


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


A., Bambang. (1990). Seni Budaya Sapi Potong. Yogyakarta: Kanisius.

Abubakar. (2007). Teknologi Pengolahan Pakan Sapi. Sumatera Selatan: Balai Pembibitan Ternak Unggul Sapi Dwiguna dan Yam Sembawa.

ADNAN, d. (2013, April 12). Tabel Kandungan Nutrisi Pakan Ternak. Dipetik September 25, 2017, dari Dokter Ternak: www.dokterternak.com

Connolly, B. (2003). Database System: A Practical Approach to Design, Implementation and Management with Learning SQL. United States: Addison Wesley Longman, Limited.

Darmono. (1999). Tatalaksana Usaha Sapi Kereman. Yogyakarta: Kanisius.

rudeye. (2015, April 22). Mengenal HTML, PHP DAN MYSQL. Diambil kembali dari Erudeye: www.erudeye.id/blog

Giarratano, J. &. (1994). Expert Sistem: Principles and Programming,2nd edition. USA: PWS Publishing Co.

H.Bade, J. B. (1994). Ilmu Peternakan. Jogjakarta: Gajamada University Press.

Hadi, P. d. (2002). Problem dan Prospek Pengembangan Saham Pembibitan Sapi Potong di Indonesia. Jurnal Litbang Pertanian .

Halim, M. Fikrri, Susilowati dan A. Ghofur. (2014). Karakteristik Tingkah Laku Sapi Potong BI di Rumah Potong Hewan Babat Lamongan. J. Ilmu Hayati 1 , 1-11.

Hartono, J. (2005). Analisis dan Desain Sistem informasi: Pendekatan Terstruktur dan Praktik Aplikasi Bisnis. Yogyakarta: Andi.

Henderi. (2008). Unified Modelling Language. Tangerang: Raharja Enrichment Centre.

Ignizio. (1991). Pengertian Sistem Pakar. Jakarta: Erlangga.

Martawidjaya, A. (1999). Pemuliaan Ternak, Pengembangan dan Usaha Perbaikan Genetik Ternak Lokal. Pidato Pengukuran Guru Besar Dalam Ilmu Pemuliaan Ternak Pada Fakultas Peternakan Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta.

Pane, I. (1993). Pemuliabiakan Ternak Sapi Potong. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Suwarsito, H. M. (2014). Formulasi Pakan Ikan Menggunakan Sistem Pakar Metode Perunutan Maju . JUITA ISSN , 47-53.

Tillman, A. (1991). Komposisi Bahan Makanan Ternak Untuk Indonesia. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.51213/jimp.v4i1.194

Copyright (c) 2019 J I M P - Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan