Perancangan Game “Heroes Surabaya†Sebagai Edukasi Pengetahuan Sejarah Menggunakan Algoritma BFS Berbasis Android

Rudi Priyana, Endah Tri Esti Handayani

Abstract


Tokoh sejarah pasti dimiliki oleh setiap daerah tidak terkecuali di Indonesia. Berkurangnya minat masyarakat untuk mengetahui tokoh sejarah disebabkan kurangnya media yang menghibur dan mengedukasi. Berdasarkan permasalahan yang telah diuraikan, penulis telah membuat game dengan genre TPS(Third Person Shooter) berbasis Android. Dalam merancang game ini penulis menggunakan metode perancangan Multimedia Development Life Cycle (MDLC) dan algoritma yang digunakan yaitu Breadth-First Search (BFS). Tujuan penelitian ini adalah membuat game edukasi menggunakan tampilan 3D dan mengenalkan tokoh sejarah pada user. Pembuatan game ini menggunakan software Unity Game Engine, Photoshop CC, Android Studio, Android SDK, dan Blender. Game ini dapat berjalan maksimal dengan spesifikasi minimal OS Android Kitkat 4.4 dan RAM 1GB.
Kata Kunci : game, edukasi, sejarah, BFS, android


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Dede Iswanto, Yulianti, Anggi Srimurdianti

Sukamto “Rancang Bangun Game Edukasi

Hero of Borneo Berbasis Androidâ€, Teknik

Informatika, Universitas Tanjungpura, 2015.

Buce Trias Hanggara, Sutrisno, Denny Sagita

Rusdianto “Rancangan Bangun Permainan

Wiro Ranger Pada Smartphone Androidâ€,

Teknik Informatika, Universitas Brawijaya.

Syifaul Fauda “Perancangan Game

Petualangan Pramuka Berbasis Androidâ€,

Teknik Elektro, Sekolah Teknik Elektro dan

Informatika (STEI) Institut Teknologi

Bandung, Bandung, 2015.

Fendi Aji Purnomo, Eko Harry Pratisto,

Taufiqurrakhman NH, Firma Sahrul, Inda Puji

Lestari “Pembuatan Game Edukasi

„Petualangan Si Gembul‟ Sebagai

Pembelajaran Pengenalan Daerah Solo

Raya Pada Anakâ€, Universitas Sebelas

Maret, 2016.

Yuda Alfarizi, Kemas Lukman Hakim,

Rusbandi, Ahmad Farisi “Edugame Fight For

Freedom Untuk Pembelajaran Sejarah

Kemerdekaan Indonesia Berbasis Androidâ€,

Teknik Informatika, STMIK GI MDP,

Palembang.

Wahyu Pratama “Game Adventure Misteri

Kotak Pandoraâ€, Teknik Informatika, STMIK

AMIKOM, Purwokerto.

Sesdika Sansani “Penerapan Algoritma BFS

Dalam Pemecahan Permainan

Minesweeperâ€, Teknik Informatika, Institut

Teknologi Bandung.

Dwi Fidiyanto, Tri Listyorini, Mukhamad

Nurkamid “Game Sejarah Perjuangan

Kapitan Patimura Berbasis Androidâ€, Teknik

Informatika, Universitas Muria Kudus, Kudus.

Muhammad Adiwijaya, Kodrat Iman S, Yuli

Christyono “Perancangan Game Edukasi

Platform Belajar Matematika Berbasis

Android Menggunakan Construct2â€, Teknik

Elektro, Universitas Diponegoro Semarang.

Cheri Aprilina, Perancangan Game

Edukasi “Cooking for Childâ€, Data

Manajemen dan Teknologi Informasi, 2014.

I nyoman jayanegara, “Perancangan

Game Jalak Bai Berbasis Androidâ€, urnal

Nasional Pendidikan Teknik Informatika

(JANAPATI), 2015.“Perancangan Game

Mobile Android Bergenre Horrorâ€, Cogito

Smart Journal, 2016.

Chowanda, “Perancangan Game Kartu

Interaktif Berbasis Android Menggunakan

Augmented Realityâ€, ComTech Desember,

Ichsan, “Perancangan Board Game

mengenai Bahaya Pornografiâ€, e-Proceeding

of Art & Design, 2016.

Rahadi, “Perancangan Game Math

Adventure Sebagai Media Pembelajaran

Matematika Berbasis Androidâ€, Jurnal

Teknologi dan Sistem Komputer, 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.51213/jimp.v4i1.192

Copyright (c) 2019 J I M P - Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan