Media Pembelajaran Mengenal Jenis Batuan Berbasis Augmented Reality Pada Perangkat Android

Dito Ari Prayoga

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi pada berkembang pesatnya penggunaan smartphone di kalangan pelajar dan kurangnya metode pembelajaran yang efektif dan menarik untuk pelajaran IPS-Geografi khususnya materi jenis-jenis batuan tingkat SMP. Hal ini dikarenakan materi jenis-jenis batuan sulit ditemui alat peraganya di beberapa lingkungan sekolah. Augmented Reality adalah teknologi yang saat ini berkembang dengan pesat, salah satunya banyak dikembangkan di bidang pendidikan. Kelebihan dari Augmented Reality adalah tampilan visual yang menarik, karena dapat menampilkan objek secara 3 dimensi yang seakan-akan ada pada lingkungan nyata sehingga dapat. Metode yang digunakan adalah Marker Based AR yang menggunakan marker atau penanda untuk memunculkan objek 3D dan Metode Occlusion Based pada Virtual Button. Dengan menggunakan teknologi Augmented Reality pada aplikasi yang dikembangkan diharapkan dapat digunakan sebagai salah satu alternatif media pembelajaran untuk mengenalkan jenis-jenis batuan yang mampu memudahkan siswa memahami materi dan menambah daya tarik siswa untuk mempelajari materi tersebut. Hasil pengujian Alpha fitur pada aplikasi berjalan dengan baik, terutama Metode Occlusion Based yang diimplementasikan pada Virtual Button. Hasil pengujian beta menunjukkan aplikasi dapat membuat siswa lebih memahami materi serta menambah minat siswa dalam mempelajari materi jenis batuan karena memberikan pengalaman berbeda dalam belajar.
Kata kunci : Media Pembelajaran, Jenis-jenis Batuan, Augmented Reality, Android


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Ardhianto, E., Hadikurniawati, W. & Winarno, E., 2012. Augmented Reality Objek 3 Dimensi dengan Perangkat Artoolkit dan Blender. Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK, 17(2), pp. 107-117.

Arsyad, A., 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

BlogWeb, A., 2017. Ilmu Dasar. [Online] Available at: http://www.ilmudasar.com/2017/07/Pengertian-Ciri-Pembentukan-dan-Macam-Batuan-Beku-adalah.html [Accessed 5 January 2018].

Chari, V. & Narayanan, P. J., 2008. Augmented Reality using Over-Segmentation. Center for Visual Information Technology, International Institute of Information Technology.

Danto, W., Wibowo, A. T. & Purnama, B., 2011. Studi Kasus : Interaksi Dengan Objek Virtual Secara Real Time Menggunakan Gerakan Marker. SNASTIA, Issue ISSN 1979-3960.

Kusnandar, A., 2008. Pemanfaatan TIK untuk Pembelajaran. Jakarta, Pustekkom Pendidikan, Depdiknas.

Lyu, M. R., 2012. Digital Interactive Game Interface Table Apps for Ipad. Jurnal Penelitian. s.l., The Chinese University of Hongkong.

Malik, Y., 2010. Direktori File UPI. [Online] Available at: http://file.upi.edu/Direktori/FPIPS/JUR._PEND._GEOGRAFI/195901011989011-YAKUB_MALIK/HANDOUT_BATUAN.pdf [Accessed 5 Januari 2018].

Sari, M., 2016. ilmuGeografi.com. [Online] Available at: https://ilmugeografi.com/geologi/batuan-sedimen [Accessed 5 Januari 2018].

Supriyani, 2013. Studi Tentang Kesulitan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di SMPN 1 Labuan. GeoTadulako, Volume I, p. 12.

Surjono, H. D., 2010. Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Makalah, p. disajikan dalam seminar MGMP Terpadu SMP/MTs Kota Magelang.

Waluya, B., 2009. Memahami Geografi SMA / MA Kelas X Semester 1 dan 2. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.




DOI: http://dx.doi.org/10.37438/jimp.v3i3.190