Metode AHP Dan SAW Untuk Penerimaan Siswa Baru (Studi kasus:Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Sandikta)

Sumanto Sumanto

Abstract


Penerimaan siswa baru pada SMK Sandikta masih menggunakan Microsoft Excel dalam proses penyeleksian penerimaan siswa baru, sehingga membutuhkan waktu yang lama untuk menentukan siswa tersebut diterima atau tidak diterima. Masalah tersebut juga berdampak pada siswa yang tidak diterima, ditakutkan untuk mendaftar kesekolah lain pendaftarannya sudah tutup, terkadang banyak calon siswa yang mendaftar kebeberapa sekolah untuk mewaspadai tidak diterima disekolah tersebut. Tujuan peneliti dalam pembuatan skripsi ini adalah untuk membantu panitia penerimaan siswa baru SMK Sandikta dalam penyeleksian penerimaan siswa baru dengan menggunakan metode AHP (Analitycal Hierarchy Process) untuk menetukan nilai bobot awal pada setiap kriteria dan menggunakan metode SAW (Simple Additive Weighting) untuk mencari perankingan pada setiap alternatif. Kriteria yang digunakan untuk penerimaan siswa baru pada SMK Sandikta ini ada empat yaitu nilai ujian nasional, nilai rapor semester akhir, umur dan penyakit yang diderita. Bobot yang didapatkan dari metode AHP akan dimasukan pada metode SAW dalam menentukan alternatif yang diterima. Dengan adanya sistem pendukung keputusan ini, diharapkan dapat membantu panitia penerimaan siswa baru dalam menentukan penerimaan siswa baru pada SMK Sandikta.
Kata kunci : Sistem Pendukung Keputusan, Penerimaan Siswa Baru, AHP, SAW.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Cibro, R. (2016, Juni). Sistem Pendukung Keputusan Penyeleksian Calon Siswa Baru Dengan Metode Simple Additive Weighting (Saw) Pada Sma Negeri 1 Singkil. Jurnal INFOTEK, 1, No 2, 145.

Darmawan, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Firdaus. (2015). Implementasi Simple Additive Weighting Untuk Rekomendasi Pencari Kerja Terbaik Dalam Sistem Informasi Lowongan Kerja Riau. Jurnal Edik Informasi, 53-62.

Jayanti, N. K. (2016). Implementasi Metode SAW Dan AHP Pada Sistem Informasi Penilaian Kinerja Dosen Denpasar. CSRID, 86-98.

Putu Angga Septiana Putra, I. M. (2016). Pengembangan Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Siswa Baru Di Sma N 1 Seririt Dengan Metode Simple Additive Weighting (Saw) Dan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP). KARMAPATI.




DOI: http://dx.doi.org/10.37438/jimp.v3i3.188