Sistem Informasi Pengolahan Data Keuangan Berbasis Web

Heri Purnomo, Jauharul Maknunah

Abstract


Sistem informasi keuangan adalah suatu sistem informasi yang memfasilitasi organisasi untuk mengelola data keuangan bagi bidang-bidang yang terkait sehingga dapat membantu menyelesaikan kegiatan di bidang keuangan terutama untuk proses pencatatan dan laporan keuangan secara cepat. Tujuannya terwujudnya Implemetasi Sistem Informasi Keuangan berbasis web untuk mendukung penyajian informasi dalam proses pengambilan keputusan oleh pimpinan, maupun bagian keuangan. Metode yang digunakan adalah metode analisis dan metode perancangan. Metode perancangannya yaitu membuat implentasi sistem informasi, desain basis data dan analisis data keuangan.
Metode analisis dilakukan dengan menggunakan teknik observasi dan wawancara, studi kepustakaan, survey langsung di STMIK Pradnya Paramita dengan cara mewawancarai orang-orang terkait untuk melengkapi informasi yang dibutuhkan.
Hasil akhir dari implentasi sistem informasi keuangan berbasis web dimanfaatkan untuk mempermudah dan mempercepat pengaksesan data serta memberikan pihak pimpinan dalam mengakses penuh ke data tanpa melakukan pemrosesan data operasional. Dengan terbangunnya implementasi sistem informasi dapat dihasilkan data yang terstruktur dan terintegrasi dengan baik sebagai masukan bagi pihak manajemen dalam proses pengambilan keputusan.
Kata Kunci : Implementasi, Sistem Informasi, Keuangan, Web


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Apriyanto, Nanang, 2013, Perancangan Sistem Informasi Keuangan Berbasis Web pada Sekolah Dasar Muhammadiyah KedungPoh Gunung Kidul, Skripsi, STMIK AMIKOM, Yogyakarta

Sari, Irnama, Defiana, 2011, Pembuatan Sistem Informasi Keuangan Berbasis Web Pada UD. Saputra Jaya, Skripsi, STMIK AMIKOM Yogyakarta

Fitri, Amalia, 2009, “ Analisis Penerapan Sistem Informasi Keuangan Berbasis Web Pada Pt. Semen Gresik (Persero) Tbk â€, Skripsi Program Strata Satu, STIE Perbanas, Jakarta.

Umy, Mukhofifah, dan Migunani. (2015). Perancanngan Sistem Pelaporan Keuangan Berbasis Web (Studi Kasus Pada PT.EMKL Tirtasari Abadi Sejahtera Semarang). Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, Volume 6 Nomor 2 September 2015, hal 41-52.

Indah, Dwi, Mumpuni dan Jauharul, Maknunah, (2014), Aplikasi Sistem Informasi Gaji Berbasis Web Di STMIK Pradnya Paramita Dengan Pendekatan Data Warehouse, Jurnal Widya Teknika VoL. 22 No. 2, Oktober 2014, hal: 77-84




DOI: http://dx.doi.org/10.51213/jimp.v3i3.187

Copyright (c) 2018 J I M P - Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan