Algoritma Fuzzy Simple Additive Weighting Sebagai Penunjang Pengambilan Keputusan Untuk Pemilihan Jurusan SMA

Rivan Wahyuda, Septi Andryana, Winarsih Winarsih

Abstract


Sebagian besar lulusan SMP sangat ingin meneruskan keinginannya terutama ke sekolah menengah atas, hal itu bisa dibuktikan dengan jumlah lulusan SMP yang mengikuti ujian masuk ke SMA. Yang disayangkan adalah minimnya kedewasaan mereka memilih jurusan di sekolah kejuruan yang ditargetkan. Situasi seperti ini berdampak pada biaya pendidikan yang telah dikeluarkan, baik pada orang tua siswa dan pemerintah yang mensubsidi sekolah menjadi tidak berguna karena siswa tidak memiliki kemampuan yang memadai untuk jurusan yang dipilih, konsekuensi negatif lainnya. Adalah siswa putus sekolah. Algoritma Fuzzy Simple Additive Weighting (SAW) Sebagai Penentuan Pemilihan Jurusan Diharapkan bisa membantu tim penerimaan siswa baru dalam menentukan jurusan bagi setiap siswa. Sehingga dapat dengan mudah menentukan mana yang sesuai untuk siswa dengan menggunakan nilai yang ada dan dapat diketahui rangking dari masing-masing lokasi, maka data akan diproses untuk menentukan arah yang benar bagi setiap siswa. Penelitian ini Menggunakan Fuzzy Multi Attribute Decision Making (FMADM) untuk penyelesaiannya Menggunakan Algoritma Simple Additive Weighting (SAW) yaitu salah satu metode yang digunakan untuk menyelesaikan Fuzzy MADM. Konsep dasar algoritma SAW adalah mencari penjumlahan terbobot dari ratting kinerja setiap alternative pada semua attribute. Algoritma SAW membutuhkan proses normalisasi matriks keputusan (X) ke suatu skala yang dapat diperbandingkan dengan semua ratting alternative yang ada.


Kata kunci - Sistem Pendukung Keputusan, Pemilihan Jurusan, Fuzzy, FMADM, Simple Additive Weighting


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Prayoko, Mhd Riki. "Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Jurusan Pada Sekolah Menengah Atas SMA Setia Budi Abadi Perbaungan Dengan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW)." Jurnal Ilmiah Pelita Informatika Budi Darma Vol. V 2 (2013).

Istikhomah, Istikhomah, Sujito Sujito, and Rahayu Widayanti. "Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Jurusan pada SMK Negeri 1 Purwosari Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW)." DINAMIKA DOTCOM 7.2 (2016).

Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Jurusan Dengan Menggunakan Metode SAW (Simple Additive Weighting) Di SMA 6 Tasikmalaya

Supartha, I. Kadek Dwi Gandika, and I. Gusti Ayu Putu Eka Purnama. "Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Jurusan Pada SMK Kertha Wisata Denpasar Menggunakan Fuzzy SAW." Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI) 3.2 (2014): 64-69.

Apriansyah Putra & Dinna Yunika Hardiyanti : Penentuan Penerima Beasiswa dengan Menggunakan Fuzzy MADM : 2011 : D17

Pamungkas, Asdin Wahyu, Didik Nugroho, and Sri Siswanti. "Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Beasiswa Kurang Mampu SMK Harapan Dengan Metode Simple Additive Weighting (SAW)." Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIKomSiN) 4.1 (2016).

Kusuma Dewi, Sri dkk. 2006. Fuzzy Multi-Attribute Decision Making (Fuzzy MADM). Yogyakarta : Graha Ilmu

Alireza Afshari, Majid Mojahed and Rosnah Mohd Yusuff. "Simple Additive Weighting approach to Personnel Selection problem" International Journal of Innovation, Management and Technology, Vol. 1, No. 5, December 2010 ISSN: 2010-0248

Pratiwi, D., Lestari, J.P. and Agushita, D., 2014. Decision Support System to Majoring High School Student UsingSimple Additive Weighting Method. International Journal of Computer Trends and Technology, 10(3), pp.153-159.

Tri Susilowati, Suyono and Widi Andewi. "DECISION SUPPORT SYSTEM TO DETERMINE SCHOLARSHIP RECIPIENTS AT SMAN 1 BANGUNREJO USING SAW METHOD" International Journal Information System and Computer Science (IJISCS), pISSN : 2598-0793, eISSN : 2598-246X

Chen, S. J., and Hwang, C. L. (1992). “Fuzzy Multiple Attribute Decision Making: Methods and Applications”, In: Yeh, Chun-Hsing. (2002). A Problem-based Selection of MultiAttribute Decision Making Methods. International transaction in Operational Research, pp. 169-181, Blackwell Publishing

Khasanah, Fata Nidaul, Adhistya Erna Permanasari, and Sri Suning Kusumawardani. "Fuzzy Multi Attribute Decision Making for Major Selection at Senior High School." ICETEA 2015 (2015).




DOI: http://dx.doi.org/10.37438/jimp.v3i2.173