Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Supplier Terbaik Telur Bermerk Menggunakan Metode SAW Studi Kasus : PT. GIANT PONDOK KOPI

Hariyanto Hariyanto, Siti Khotimah

Abstract


Kegiatan yang paling penting dilakukan oleh para perusahaan adalah untuk mendapatkan keuntungan. Di sini peran pemasok / supplier sangat berpengaruh bagi pertumbuhan dan kemajuan suatu perusahaan, khususnya pada Giant Supermarket Pondok Kopi. Salah satu produk yang ada pada supermarket ini adalah Telur yang bermerk. Telur bermerk disini dalam artian telur yang ada didalam kemasan (pack), pemasok telur bermerk sangat penting untuk dilakukan penelitian, karena banyaknya barang yang tidak terjual atau tidak banyak yang diminati oleh konsumen. Sehingga perlu adanya pemilihan supplier yang terbaik untuk telur bermerk ini. Pengelolahan data pada penelitian ini menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW). Selain itu,model yang telah dibuat akan diimplementasikan menajdi suatu Sistem Pendukung Keputusan (SPK). Kriteria yang dapat mempengaruhi pemilihan pemasok adalah ketepatan pengirim, kualitas barang, harga barang, dan fleksibiltas. Penelitanini akan diangkat suatu kasus yaitu mencari alternatif terbaik berdasarkan kriteria-kriteria yang telah ditentukan. Guna mencari bobot untuk setiap atribut, kemudian dilakukan peroses perangkingan yang akan menentukan alternatif yang optimal yaitu supplier terbaik.


Kata kunci— SAW , Pemilihan supplier, SPK


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Kusumadewi, S., & Purnomo, H. (2004). Aplikasi Logika Fuzzy Untuk Pendukung Keputusan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Kusumadewi, S., Hartati, S. H., & Wardoyo, R. (2011). Fuzzy Multi-Attribute. Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu.

Pramudyo, C. S., & Purnomo, D. E. (2012). Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Untuk Pemilihan Pemasok Nata De Coco Dengan Metode Simple Additive Weighting. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 80-90.

Puspitasari, N. B., & Yancadianti, K. H. (2016). Analisa Pemilihan Supplier Ramah Lingkungan Dengan Metode Analytical Network Process (Anp) Pada Pt Kimia Farma Plant Semarang . Jurnal Teknik Industri, 1-8.




DOI: http://dx.doi.org/10.37438/jimp.v3i2.171

Copyright (c) 2018 J I M P - Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan