Clustering Openmeetings Guna Peningkatan Efektivitas Belajar Mengajar Jarak Jauh

Hafis Nurdin, Sumarna Sumarna, Felix Wuryo Handono

Abstract


Learning adalah Proses belajar dengan menggunakan bantuan peralatan elektronika, sehingga diharapkan optimalisasi dari kegitan belajar tersebut dapat tercapai (Zyainuri & Marpanaji, 2012). Proses belajar mengajar jarak jauh atau yang lebih popular dengan sebutan e-learning saat ini tengah banyak dilirik oleh institusi pendidikan. Dalam penerapan nya sebuah e-learning memerlukan antar muka bantu guna mempermudah proses belajar mengajar antara pengajar dan siswa yang diajarnya. Salah satu antar muka yang cukup mudah digunakan dan popular adalah moodle. Selain karena kemudahan penyelelengaraan kelas digitalnya, factor efesiensi biaya adalah landasan utama diselenggarakan nya e-learning. Tidak terdapatnya interaksi dua arah, jumlah siswa yang semakin meningkat merupakan permasalahan yang harus diselesaikan dengan segera, agar proses belajar mengajar menjadi nyaman dan optimal.


Kata kunci— Cluster, OpenMeetings, E-learning, Moodle


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Handayanto, A., Supandi, R., & Ariyanto, L. (2013). Pembelajaran E-Learning menggunakan Moodle pada matakuliah Metode Numerik, 42–48.

Saputra, Z. R. (2017). PENERAPAN PROTOKOL RTMP DAN HTTP UNTUK MEDIA BELAJAR, 9(1).

Zyainuri, & Marpanaji, E. (2012). Penerapan E-Learning Moodle Untuk Pembelajaran Siswa Yang Melaksanakan Prakerin. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(3), 410–426.




DOI: http://dx.doi.org/10.37438/jimp.v3i2.170

Copyright (c) 2018 J I M P - Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan