Penerapan Metode Data Mining Market Basket Analysis Terhadap Data Penjualan Produk Pada Toko Oase Menggunakan Algoritma Apriori

Mateus Paga Tana, Fitri Marisa, Indra Dharma Wijaya

Abstract


Proses kegiatan penjualan pada supermarket berjalan terus dan begitu juga data yang dihasilkan semakin lama maka akan semakin bertambah. Data-data penjualan yang semakin lama maka akan semakin besar tidak akan berguna dan bermanfaat jika dibiarkan begitu saja. Supaya data tersebut data berguna maka maka perlu di olah dengan suatu algoritma tertentu. Algoritma apriori merupakan bagian dari data mining yaitu kegiatan pengumpulan data dan pemakaian data yang lama untuk menemukan keteraturan, pola atau hubungan dalam suatu data. Keluaran dari algoritma ini adalah bisa membantu dalam memperbaikin pengambilan keputusan dimasa yang akan datang.Salah satu manfaat dari pengambilan keputusan ini adalah penyusunan katalog produk pada supermarket seperti produk yang paling banyak terjual diletakkan ditempat yang mudah dicari dan begitu juga dengan produk yang sering diterjual secara bersamaan maka produk tersebut perlu diletakkan pada tempat. Hasil dari proses data mining yaitu pola pembelian produk yang sering dibeli bersamaan. Pola ini dapat digunakan untuk menempatkan produk yang sering dibeli bersamaan kedalam sebuah area yang saling berdekatan, merancang tampilan produk di katalog. Penerapan Algoritma Apriori pada teknik Data Mining sangat efisien dan dapat mempercepat proses pembentukan kecenderungan pola kombinasi itemset hasil penjualan Produk-produk barang di Toko OASE, yaitu dengan support dan confidence tertinggi adalah Rokok, kopi Snack,mie goreng ,Nabati


Kata kunci—Katalog, produk data, penjualan.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Gunadi, G., & Dana Indra Sensuse. (2012, Maret ). Penerapan Metode Data Mining Market Basket Analysis Terhadap Data Penjualan Produk Buku Dengan Menggunakan Algoritma Apriori Dan Frequent Pattern Growth (Fp-Growth) :Studi Kasus Percetakan Pt. Gramedia. Telematika Mkom, 4 No.1. https://journal.budiluhur.ac.id/index.php?journal=telematika&page=article&op=viewFile&path[]=164&path[]=158

Robi Yanto, R. K. (2015, April). Implementasi Data Mining dengan Metode Algoritma Apriori dalam Menentukan Pola Pembelian Obat. Sistem Informasi STMIK http://citec.amikom.ac.id/main/index.php/citec/article/download/41/4

Lilis Diana, G. S. (2014, Oktober). Analisis Data Transaksi Penjualan Untuk Klasifikasi Enis Barang Dan Relasi Daya Beli Relatif Masyarakat Menggunakan Algoritma K-Means Serta Asosiasi Apriori. (G. S. Lilis Diana, Penyunt.) Teknologi Informasi. http://eprints.dinus.ac.id/20737/

Kennedi Tampubolon, H. S. ( 2013). Implementasi Data Mining Algoritma Apriori Pada Sistem Persediaan Alat-Alat KESEHATAN. Informasi dan Teknologi Ilmiah (INTI). Diambil kembali dari http://vokasi.uho.ac.id/statistika/assets/download/15121204230717.%20Jurnal%20Kenendy.pdf

Eka, F. W. (2014). Aplikasi Data Mining Market Basket Analysis Penjualan Suku Cadang Sepeda Motor Menggunakan Metode Association Rules Pada Pt. Sejahtera Motor Gemilang.http://simki.lp2m.unpkediri.ac.id/mahasiswa/file_artikel/2014/10.1.03.02.0170.pdf.

Sandi Fajar, R. (2010). Algoritma Apriori untuk Analisis Keranjang Belanja pada Data Transaksi Penjualan. Infotech. http://download.portalgaruda.org/article.php?article=421236&val=8225&title=Algoritma%20Apriori%20untuk%20Analisis%20Keranjang%20Belanja%20pada%20Data%20Transaksi%20Penjualan.

Adyawangkara Katon Prasidya, C. F. (2017). ANALISIS KAIDAH ASOSIASI Antar Item Dalam Transaksi Pembelian Menggunakan Data Mining Dengan Algoritma Apriori (Studi Kasus: Minimarket Gun Bandungan, Jawa Tengah). Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi. http://juti.if.its.ac.id/index.php/juti/article/view/629/346.

Ganeffo, A. G. (2011). Penerapan Data Mining Untuk Analisis Pola Pembelian Produk Pada Clapper Movie Café Menggunakan Metode Association Rule. http://eprints.dinus.ac.id/15250/1/jurnal_15245.pdf.

koniyo, k. (2010). pengertian sistem.http://elib.unikom.ac.id/download.php?id=134882

Nurchalifatun, F. (2014). Penerapan Metode Asosiasi Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori Untuk Mengetahui Kombinasi Antar Itemset Pada Pondok KOPI. http://eprints.dinus.ac.id/16842/1/jurnal_15975.pdf.

Radhiaty, N. H., & Juningsi D.F.J Letik, T. I. (2009). Personifikasi Web E-Commerce Menggunakan Basket Algoritma Dari Data Mining. Proceeding PESAT. https://dokumen.tips/documents/personifikasi-web-e-commerce-menggunakan-basket-algoritma-dari-data-mining.html.

Wiwin Hartanto, K. S., & Hery Sawiji. (2013). Pengembangan Sistem Manajemen Metode Data Mining Market Basket Analysis Untuk Menentukan Pola Tata Letak Produk. http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/s2ekonomi/article/view/6953.




DOI: http://dx.doi.org/10.37438/jimp.v3i2.167