Membangun Aplikasi Multimedia Interaktif Dengan Model Tutorial Sebagai Sarana Pembelajaran Bahasa Kanton

Yanuar Kusmanagara, Fitri Marisa, Indra Dharma Wijaya

Abstract


Multimedia Interaktif adalah media yang sangat kompleks dengan penggabungan dari beberapa unsur media seperti teks, grafik, gambar,foto, video, dan animasi secara berkala sehingga menjadi suatu kempulan yang menarik dan dapat mengalihkan perhatian masyarakat untuk melihatnya.Dalam laporan ini penulis akan memcoba menerapkan metode multimedia interaktif dengan model tutorial Untuk Meningkatkan Motivasi belajar Bahasa Kanton pada tenaga kerja wanita. Teknologi pembelajaran berupa multimedia ini merupakan salah satu media pembelajaran,yang dapat dimanfaatkan oleh pengajar untuk mempermudah jalannya proses belajar para tenaga kerja wanita.Media pembelajaran berbasis multimedia interaktif jika diterapkan dalam pembelajaran dapat mendorong motivasi belajar para tenaga kerja wanita, sehingga dapat lebih mudah dalam menghafal berbagai macam kata dalam bahasa kanton.Dan perumusan masalah yang akan dibahas adalah bagaimana menerapkan aplikasi Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Motivasi belajar para tenaga kerja wanita dalam menghafal kata-kata dalam bahasa kanton.Tujuan yang dicapai adalah Untuk meningkatkan motivasi belajar para tenaga kerja wanita dalam menghafal kata-kata dalam bahasa kanton dengan menggunakan multimedia interaktif.Aplikasi yang digunakan untuk penerapan multimedia interaktif dengan cara membuat MDLC (Multimedia Development Life Cycle), Use Case Diagram, Storyboard,Dan mengacak soal dengan Fisher Yates. Metode pengacakan yang baik sangat penting pada pengembangan suatu multimedia pembelajaran yang memiliki fitur kuis di dalamnya. Banyak metode pengacakan yang dapat dipakai, salah satunya adalah metode Fisher-Yates Shuffling atau biasa dikenal dengan Algoritma Fisher-Yates Shuffle. Pengujian multimedia pembelajaran dilakukan dengan menyebarkan angket kuisioner kepada responden untuk mengetahui apakah sudah dapat memudahkan dan menarik perhatian untuk belajar Penggunaan aplikasi belajar Bahasa Kanton ini sangat bagus dan sesuai dengan literature yang ada pada buku Bahasa Kanton yang mereka pelajari. Setelah dilakukan uji coba oleh user dan dari hasil kuisioner di dapat nilai rata-rata 82,6%.


Kata Kunci — Multimedia Interaktif,Fisher Yates.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Samodra (2009)PENGEMBANGKAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN REPRODUKSI PADA MANUSIA UNTUK PEMBELAJARAN BIDANG STUDI BIOLOGI. Tersedia di:

http://e- campus.fkip.unja.ac.id/eskripsi/data/pdf/jurnal_mhs/artikel/RSA1C110020.pdf Diakses tanggal 20 Oktober 2017

Hadi (2011).Pemanfaatan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Mata Pembelajaran Fiqih Bab Shalat Di MTs. Hasan Kafrawi Tersedia di:

http://eprints.unisnu.ac.id/800/1/131310001148%20Sri%20Warsidah%20%28Belum%29.pdf Diakses tanggal 20 Oktober 2017

ARSYAD (2006). Interaktif Multimedia Development For Learning Read The Al Quran In Pesantren. Tersedia di:

http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/teknologi/article/download/5002/4411 Diakses tanggal 25 Oktober 2017

HUJAIR (2013). Pengembangan Multimedia Interaktif Sebagai Media Pembelajaran IPS Bagi Siswa Kelas IV SD Negeri TegalPanggung Tersedia di:

http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgsd/article/viewFile/1210/1082 Diakses tanggal 25 Oktober 2017

FITRI MARISA (2010).Cd Interaktif Media Pembelajaran Bagi Anak Prasekolah. Tersedia di:

http://ejurnal.stimata.ac.id/index.php/DINAMIKA/article/view/24 Diakses tanggal 12 November 2017

IBIJOLA, ADE DAN ABEJIDE OLU.(2012). A Simulated Enhancement of Fisher-Yates Algorithm for Shuffling in Virtual Card Games using Domain-Specific Data Structures. International Journal of Computer Applications, Tersedia di: http://www.academia.edu/2985786/A_Simulated_Enhancement_of_FisherYates_Algorithm for_Shuffling_in_Virtual_Card_Games_using_DomainSpecific_D ata_Structures Diakses tanggal 12 November 2017




DOI: http://dx.doi.org/10.37438/jimp.v3i2.165

Copyright (c) 2018 J I M P - Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan